NEWS
Trending

WIKA Optimalkan Teknologi Digital

WIKA Optimalkan Teknologi Digital

Listrik Indonesia | Era revolusi industri 4.0 berbagai teknologi diciptakan untuk mempermudah suatu pekerjaan, salah satunya teknologi yang digunakan di sektor pembangunan konstruksi yaitu Building Information Modelling (BIM). Dengan menerapkan teknologi ini sebagai modal utama kesuksesan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dalam pengerjaan pembangunan pembangkit  listrik.
 

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau yang lebih dikenal dengan sebutan PT WIKA hampir semua proyek yang dikerjakannya diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Ternyata  WIKA menjadi yang terdepan dalam memanfaatkan teknologi BIM untuk pembangunan proyek. Teknologi ini merupakan sistem aplikasi digital yang menggabungkan desain bangunan dengan data atau informasi teknisnya.
 

General Manager Departemen Power Plant & Energi (DPE), Harum Akhmad Zuhdi menerangkan, BIM memungkinkan tahap-tahap pembangunan dilakukan lebih cepat, akurat, serta efektif dan efisien sesuai kebutuhan, mulai dari perencanaan, desain, konstruksi, hingga operasionalnya. Begitu pula dengan pemilihan material bangunan dan penggunaan peralatan menjadi lebih optimal. Dengan begitu, kesalahan teknis yang mungkin terjadi bisa diminimalisasi.
 

“Inilah mengapa WIKA unggul dalam pengerjaan proyek khususnya pembangunan power plant. Dengan BIM, subjek yang terlibat dalam suatu proyek dapat bekerja secara kolaboratif dan mengoptimalkan produktivitas SDM sehingga kegiatan proyek berjalan cepat.” Ucap Harum.
 

Salah satu proyek yang menggunakan BIM yaitu PLTMG Paket 4 ( Wilayah Bima dan Sumbawa) milik PT PLN (Persero). Penerapan BIM oleh WIKA mendapatkan pengakuan internasional dua tahun berturut-turut.
 

Lebih lanjut, Harum berkata, selain perencanaan proyek yang baik dan menggunakan teknologi canggih. Dibalik kesuksesan WIKA dihuni oleh sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. WIKA memiliki kapabilitas Human Capital yang memadai di konstruksi, memiliki program pengembangan aplikatif di bidang Leadership, Bisnis dan Teknik. Selain mempekerjakan generasi milenial sebanyak 65 persen hal ini seirama dengan perkembangan teknologi.
 

“Budaya WIKA tidak hanya memperkejakan orang-orang yang berkualitas, tetapi kita juga melakukan pelatihan. Terlebih Milineial yang sangat akrab dengan perkembangan teknologi tentu memudahkan segala bentuk pekerjaan perusahaan,” imbuhnya.
 

WIKA juga sudah mengincar proyek masa depannya yaitu mengembangkan pembangkit listrik energi terbarukan. Menurut Harum, penting bagi perusahaan di industri ketenagalistrikan mengembangkan bisnis energi terbarukan.  (CR)


 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button