Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Widi Pancono: Potensi Melimpah, BioCNG Harusnya Bisa Lebih Digarap

Listrik Indonesia | Upaya pemerintah dalam menggenjot pemanfaatan energi terbarukan salah satunya ialah dengan mengembangkan bioenergi dalam hal ini BioCNG dalam skala komersial.

Ketua Koperasi Energi Terbarukan Indonesia (Kopetindo) Widi Pancono mengatakan, berbicara tentang energi terbarukan, Indonesia  adalah rajanya. Surya, angin, air, panas bumi, dan biomassa sangat melimpah ruah di bumi pertiwi.

Kemudian, pemanfaatan energi terbarukan tidak melulu harus digunakan untuk kebutuhan energi listrik saja. Lebih dari itu, salah satu energi hijau yang dapat digunakan di luar ketenagalistrikan yakni BioCNG menjadi bahan bakar untuk transportasi, dan substitusi LPG untuk industri.

Widi pun menjelaskan , BioCNG atau biogas terkompresi adalah bentuk biogas yang telah dibersihkan (gas metan murni) dimana gas-gas yang tidak dikehendaki telah dibuang untuk menghasilkan gas metan >95%. Merupakan salah satu energi terbarukan karena dihasilkan dari biomassa dengan potensi sumber daya melimpah (misal: limbah pertanian, POME, dan king grass) dengan karakter serupa dengan natural gas komersial (nilai kalor ~12.800 kCal/kg). 

"Jenis bioenergi ini dapat digunakan untuk memasak, bahan bakar kendaraan dan industri,"ujar Widi kepada listrikindonesia.com. Kamis, (14/7/2022).

Lebih dalam, Pria yang juga pengurus Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI) ini berujar, kita bisa bayangkan melimpahnya limbah kelapa sawit dan pertanian yang bisa disulap menjadi BioCNG, tentu ini sangat potensial untuk mendukung transisi energi sekaligus perekonomian nasional. 

"Kalau BioCNG digarap secara maksimal manfaatnya luas bisa mengurangi impor bahan bakar fosil, membuka lapangan pekerjaan terutama bagi masyarakat lokal, meningkatkan kualitas lingkungan, serta memiliki potensi ekspor," tuturnya.

BioCNG perlu didukung dengan peraturan yang jelas dan skema insentif, dan standar industri. Sehingga BioCNG dapat menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di BioCNG.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button