NEWS
Trending

Tingkatkan Pengelolaan Lingkungan dan CSR, IP Sabet Dua Proper Emas

Tingkatkan Pengelolaan Lingkungan dan CSR, IP Sabet Dua Proper Emas
Listrik Indonesia - Jakarta |  PT Indonesia Power berhasil memborong 2 penghargaan tertinggi dalam kinerja pengelolaan lingkungan (Proper) periode 2019. Sebagai salah satu anak usaha PT PLN (Persero), PT Indonesia Power melalui dua unitnya berhasil meraih 2 (dua) Penghargaan Proper Emas. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar dan diterima oleh Direktur Utama PT Indonesia Power, M. Ahsin Sidqi dan Direktur Operasi 1, M. Hanafi Nur Rifa’i, yang diberikan di Istana Wakil Presiden RI, Rabu (8/01). 

Proper merupakan program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup dan merupakan program unggulan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dikembangkan sejak 2002 bertujuan mendorong tingkat ketaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup sekaligus mendorong inovasi dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan pemberdayaan masyarakat di sekitar lokasi.

Proper Emas sebagai peringkat tertinggi dari penilaian proper merupakan bukti upaya berkelanjutan Indonesia Power dalam bidang lingkungan, efisiensi energi serta pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, artinya Perusahaan telah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan berkesinambungan. Melalui dua unitnya yaitu Bali Power Generation Unit dan Kamojang Power Generation and O&M Services Unit. Bali Power Generation Unit yang tahun sebelumnya juga telah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupa PROPER Emas di tahun 2018 ini berkomitmen untuk terus menjaga kesucian dan keharmonisan alam Bali dalam mewujudkan kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat dengan tetap melestarikan budaya Bali melalui program pemberdayaan masyarakat dengan mengusung tema “Nangung Sat Kerthi Loka Bali”.

Selain Bali PGU, pada periode ini Indonesia Power menambah wakilnya dalam perebutan penghargaan tertinggi dari di bidang lingkungan tersebut yaitu Kamojang Power Generation and O&M Services Unit setelah pada tahun-tahun sebelumnya Kamojang POMU mendapatkan pengakuan sebagai Program Kinerja Perusahaan (PROPER) Kategori Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebanyak 11 kali. Kamojang POMU ini merupakan salah satu pembangkit Energi Baru terbarukan(EBT) yang dimiliki Indonesia Power yang berlokasi di Desa Laksana, Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini, berada di ketinggian 1.500 dpl. PLTP yang berjumlah 3 unit ini juga mempunyai sub unit PLTP Drajat yang terletak di Kabupaten Garut. Dengan menjunjung semboyan “Kamojang Sabilulungan” Kamojang POMU berkomitmen untuk terus mewujudkan program pemberdayaan masyarakat dengan tujuan bergotong royong menuju masyarakat yang mandiri.

Menanggapi penghargaan ini M. Ahsin Sidqi, Direktur Utama PT Indonesia Power, mengatakan “Alhamdulillah, di tahun ini kami mendapatkan 2 proper emas setelah periode sebelumnya mendapatkan 1 proper emas. Ini akan terus kami tingkatkan sebagai wujud komitmen kita terhadap lingkungan dan tanggung jawab sosial kita di lingkungan sekitar pembangkit.”

Selain anugerah 2 (Dua) Proper Emas ini, 11 (sebelas) Unit Indonesia Power juga menerima penghargaan Proper Hijau dan 6 (enam) unit menerima Proper Biru. “Bagi Indonesia Power adalah suatu capaian yang membanggakan, dan menunjukkan komitmen kuat untuk senantiasa menyelenggarakan bisnis pembangkitan tenaga listrik dengan Aman, Bersih, Hijau, Andal, dan Efisien dan terus meningkatkan tanggung jawab sosialnya secara berkelanjutan,” tambah Ahsin. (DH)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button