Business CORPORATION Power Plant MEGA PROJECT NEWS
Trending

Strategi GE Menjaga Keandalan Pembangkit di Masa Pandemi

Strategi GE Menjaga Keandalan Pembangkit di Masa Pandemi
Selama pandemi, GE Gas Power gunakan teknologi HelpLightning. (Foto: Ist)

Listrik Indonesia | Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar terhadap sektor kelistrikan. Pembatasan mobilitas pun mempengaruhi rantai pasokan baik orang maupun peralatan kelistrikan seperti kompinen dan perawatan pembangkit.

GE Gas Power baru-baru ini mengadakan diskusi panel yang menghadirkan pakar global dan Asia untuk membahas strategi dan teknologi jarak jauh yang inovatif, dan memberikan contoh bagaimana mereka telah mendukung pelanggan, komunitas, dan ekonomi selama masa sulit ini.

Ramesh Singaram, CEO dan Presiden GE Gas Power untuk Asia, menjelaskan saat Covid-19 melanda wilayah, GE Gas Power harus bereaksi dengan cepat dan tepat.

“Tapi kami tidak pernah kehilangan fokus bahwa keselamatan merupakan prioritas kami. Kami memiliki lebih dari 2.000 karyawan di berbagai wilayah, termasuk di lokasi pemasangan dan pemadaman serta kantor-kantor dan sarana-saran GE,” ujarnya.

Para operator pembangkit listrik seketika mencari cara untuk memahami pemadaman mana yang dapat ditunda hingga akhir tahun, mengingat adanya lockdown selama berbulan-bulan.

Selanjutnya, bagaimana memprioritaskan pemadaman yang dijadwalkan untuk paruh kedua tahun 2020 yang dapat dipindahkan ke 2021. Mereka juga perlu mengetahui bahwa pemadaman yang sedang berlangsung dan proyek-proyek terkait performa pembangkit listrik akan terus berlanjut, dan setiap pekerjaan perbaikan yang tidak direncanakan akan diselesaikan secara efektif dan efisien.

Esensi dari respon cepat GE adalah fokus untuk tetap terlibat erat dengan pelanggan. Hal ini termasuk konsultasi mengenai skema waktu dan pendekatan, dan menawarkan nasihat dengan pengalaman jutaan jam dalam pengoperasian turbin gas global, serta data dan inspeksi di tempat yang dimungkinkan oleh teknologi rekayasa jarak jauh GE yang canggih.

Alhasil, GE Gas Power mendukung sejumlah besar pemadaman listrik, perbaikan, dan pengoperasian pabrik selama enam bulan terakhir. Secara global, dari Maret sampai Agustus, GE mengawasi peluncuran 14 proyek operasi komersial, setara dengan sekitar 3.900 megawatt (MW), dan sejauh ini 259 pemadaman besar telah mulai dilakukan sepanjang tahun 2020, sekitar 80% dari rencana awal Jan-Juni 2020.

“Meskipun pelanggan pada awalnya tidak yakin apakah pekerjaan jarak jauh dapat menghadirkan keahlian yang diperlukan di setiap situasi, kami berulang kali menunjukkan bahwa kami dapat menghadirkan pakar global yang tepat kepada pelanggan untuk memenuhi kebutuhan mereka dan melakukannya dengan mudah dan cepat,” jelas Ramesh.

Sebagai contoh, GE menggunakan alat seperti HelpLightning, sebuah platform efektif yang menyesuaikan dengan kondisi sebenarnya di lapangan, untuk memberikan dukungan teknis secara real-time kepada pelanggan kapan pun dan di mana pun mereka membutuhkannya. GE juga telah menggunakan borescopes jarak jauh untuk memeriksa bagian dalam turbin gas, sementara tim pemantauan dan diagnostik turbin gas GE memberikan informasi kepada pelanggan tentang kinerja armada mereka yang sudah tersedia.

Teknologi-teknologi ini tidak hanya membantu mengatur waktu pemadaman, tetapi juga digunakan untuk melakukan pemadaman dan perbaikan. Pada musim semi, di tengah lockdown pandemi dan larangan untuk melakukan perjalanan, GE menggunakan HelpLightning di lebih dari 1.000 kasus di seluruh Asia untuk membantu pemadaman, termasuk instalasi bucket 9FB di Tiongkok dan instalasi serupa di Taiwan.

Teknologi rekayasa jarak jauh juga telah membantu menjaga performa pabrik tetap maju. Di Korea Selatan, GE tidak dapat menghadirkan ahli yang semula direncanakan akan melakukan proses pemasangan, tetapi dengan menggunakan HelpLightning, tim setempat dapat memanfaatkan keahlian global terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sebagaimana teknologi rekayasa jarak jauh memiliki peran penting dalam menghadirkan keahlian ke lokasi kerja, GE telah menggunakan metodologi yang berbeda untuk memastikan rantai pasokan mengirimkan suku cadang dan peralatan ke lokasi pelanggan. (zc)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button