NEWS
Trending

Sawit Diusik, RI Ancam Boikot Airbus

Sawit Diusik, RI Ancam Boikot Airbus
Listrik Indonesia  | Ternyata rencana Uni Eropa (UE) membatasi penggunaan minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) sepanjang 2021-2023 berbuntut panjang. Sebab, ini dinilai cukup merugikan Indonesia, salah satu eksportir terbesar minyak kelapa sawit di dunia.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan sikap tegasnya saat menerima kunjungan delegasi Dewan Bisnis UE-ASEAN pekan lalu, terkait diskriminasi terhadap penjualan CPO Indonesia di UE. Dalam pidatonya Jokowi menyesali adanya laporan dari produsen sawit Indonesia.

“Sangat menyesal berdasarkan data, kami mendapatkan laporan dari produsen sawit, mereka tidak mendapat perhatian dari UE. Dalam menyikapi diskriminasi ini, tentu kami tidak akan tinggal diam,” tegas Jokowi dalam sambutannya.

Tidak hanya Jokowi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga turut menyinggung masalah ini. Airlangga mengatakan tidak ingin hubungan kerja sama dagang kedua negara terganggu karena persoalan diskriminasi sawit. 

“Indonesia bisa saja membalas UE. Salah satu caranya adalah dengan membatalkan pembelian pesawat Airbus,” ucap Airlangga.

Indonesia merupakan salah konsumen terbesar dari Airbus, perusahaan pesawat terbang yang berbasis di Perancis. Tercatat ada sekitar 200 unit lebih yang akan diorder di antarannya Citilink 23 unit, Garuda Indonesia 58 unit, dan Lion Air 230 unit. 

"Kami ingatkan, Indonesia is the biggest buyer Airbus. Jadi kami ingin jalan keluar terkait masalah biodiesel di Eropa," kata Airlangga beberapa waktu lalu. (CR)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button