AGENDA Power Plant MEGA PROJECT NEWS Innovation POWER TECH
Trending

PT PAL Sukses Luncurkan Dual Fuel Barge Mounted Power Plant 60 MW Kolaka 1

PT PAL Sukses Luncurkan Dual Fuel Barge Mounted Power Plant 60 MW Kolaka 1

Listrik Indonesia | PT PAL Indonesia (Persero) pada 26 Februari 2021 sukses luncurkan Dual Fuel Barge Mounted Power Plant 60 MW Kolaka 1 ditandai dengan kegiatan seremoni Shipnaming dan Launching.

Proyek pesanan PT Indonesia Power tersebut secara resmi diberi nama Famajjah. BMPP 60 MW Kolaka I merupakan satu dari tiga unit dual fuel BMPP yang dipesan dengan total kapasitas 150 MW.  Dengan kontrak pengadaan Nomor 328.PC/061/IP/2019 yang telah ditandatangani pada 30 September 2019 dan efektif pada 23 Oktober 2019. Proyek BMPP tersebut memiliki kapasitas total 150 MW yang terdiri dari 2 unit Dual Fuel BMPP 60 MW yang akan ditempatkan di Kolaka, Sulawesi Tenggara dan 1 unit Dual Fuel BMPP 30 MW yang akan ditempatkan di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Direktur Rekayasa Umum dan Pemeliharaan Perbaikan, Sutrisno dalam sambutannya menyataka, Proyek tersebut merupakan bagian dari Program Elektrifikasi Nasional 35.000 MW yang menjadi salah satu Program Kerja Presiden Joko Widodo.

"Semoga kerja sama dan sinergi ini dapat terus terjaga untuk mewujudkan target peningkatan rasio elektrifikasi nasional," ucapnya dalam keterangan resmi yang diterima Listrik Indonesia. Sabtu, (27/2).

BMPP pesanan PT Indonesia Power ini merupakan pembangkit listrik mobile dengan Dual Fuel Engine yang diintegrasikan dengan konstruksi Barge. Dual Fuel BMPP ini didesain memenuhi persyaratan kekuatan struktur terhadap fatigue, stabilitas barge yang baik pada kondisi ditarik maupun ditambat dan kemampuan tambat yang baik sehingga dapat dioperasikan sesuai dengan performance yang direncanakan dan aman, pembangunan Dual Fuel BMPP ini tergolong dalam pekerjaan spesifik.

Dual Fuel BMPP 60MW memiliki panjang 72 meter, lebar 27,4 meter, tinggi 6,5 meter dan sarat setinggi 4,7 meter serta ditunjang dengan 6 x Dual Fuel Engine 20V34DF. Sementara Dual Fuel BMPP 30 MW memiliki memiliki panjang 54 meter, lebar 27,4 meter, tinggi 6,5 meter dan sarat setinggi 4,7 meter serta ditunjang dengan 3 x Dual Fuel Engine 20V34DF.

Sutrisno menjelaskan, Dual Fuel BMPP memiliki dimensi yang compact dan sarat barge rendah yang cocok untuk daerah terpencil, BMPP ini juga memiliki keunggulan fleksibilitas pengoperasian dengan bahan bakar yang berbeda, dapat dioperasikan dengan mode BBM atau diesel atau mode Gas tanpa perlu mematikan pembangkit dan tanpa kedip, memiliki Heat Rate dan Spesific Fuel Consumption (SFC) yang sangat efisien. Serta mampu dioperasikan secara terus-menerus tanpa docking repair selama 20 tahun, sehingga dapat memenuhi kebutuhan atau mengganti pembangkit terapung di beberapa wilayah Indonesia.

"Hadirnya Famajjah ini dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap kelistrikan Indonesia khususnya Indonesia bagian timur," pungkasnya. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button