AGENDA NEWS
Trending

Politisi PAN Eddy Soeparno Dorong Potensi EBT di Bali

Politisi PAN Eddy Soeparno Dorong Potensi EBT di Bali

Listrik Indonesia | Usai lawatannya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Kayubihi di Bangli, Provinsi Bali. Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mendukung potensi energi baru terbarukan (EBT) yang ada di Bali untuk bisa dioptimalisasi.

Pada Kamis (3/12/2020) Tim Komisi VII DPR RI menyambangi PLTS Kayubihi berkapasitas 1 Megawatt Peak (MWp) yang berada di Bangli, Bali untuk mengetahui pengelolaannya sejak dibangun pada 2012 lalu.

Wakil Ketua Komisi VII Eddy Sopearno menyampaikan, sejauh ini pengelolaan PLTS Kayubihi Perusda Bhukti Mukti Bhakti Bangli sangat baik untuk bisa mengaliri listrik ke setiap rumah yang ada di sana.

Politisi PAN tersebut mendukung pengembangan PLTS Kayubihi, jika memiliki potensi yang lebih besar. Tak hanya itu, Ia mendorong agar PLTS yang ada di Provinsi Bali seperti PLTS Nusa Penida dan Karang Asem bisa diaktifkan kembali.

Bagaimana juga ketersediaan listrik dari sumber-sumber EBT tentu membawa dampak positif terutama pada lingkungan, dan penyaluran listrik yang sangat dibutuhkan pada daerah-daerah tertentu yang memang masih dialiri listrik non renewable,” ujar Eddy kepada Listrik Indonesia. Sabtu, (5/12/2020).

Lebih lanjut, Ia mengatakan, PLTS Kayubihi merupakan contoh dari sekian banyak PLTS di Indonesia yang dikelola oleh perusahaan daerah. Apabila pengelolaan dan manajemenya profesional keberadaan PLTS pun bisa dioptimalisasi baik pembangunan baru atau pengembangan.

“Hasil Kunjungan Kerja ini, nanti bisa menjadi masukan untuk menyusun Rencana Undang-undang EBT,” pungkasnya.

Di Bangli sendiri memiliki potensi EBT sangat besar seperti Mikro Hidro, Biogas, Biomassa, Biofuel, Angin, Sampah, dan Panas Bumi. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button