NEWS
Trending

PLTBM Dorong Peningkatan Kelas di Masyarakat

PLTBM Dorong Peningkatan Kelas di Masyarakat
Listrik Indonesia | Kementerian PPN/Bappenas terus mendorong upaya penyediaan listrik bagi daerah 3T melalui pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT) untuk penggantian diesel sekaligus mengurangi penggunaan BBM.

Dengan demikian menciptakan terjadi penurunan biaya penyediaan listrik agar warga memiliki akses listrik. Salah satu EBT yang didorong pemanfaatannya adalah biomassa. Dengan dukungan Global Green Growth Institute (GGGI) sebagai focal point, Kementerian PPN/Bappenas mereplikasi proyek sejenis di Ponu, Nusa Tenggara Timur, dengan kapasitas sekitar 5.000 kW (5MW).

Berdasarkan pengalaman pembangunan PLTBM di Pulau Siberut, Mentawai, PLTBM berpotensi menghemat sekitar Rp 14 miliar setiap tahun jika dibandingkan dengan penggunaan PLTD.

Selain itu, potensi pendapatan masyarakat di sana juga akan meningkat seiring pembelian bambu dan penyediaan tenaga kerja sebesar Rp 2 miliar per tahun.

Direktur Utama PT Clean Power Energi perusahaan yang membangun PLTBM berbasis bambu di Mentawai, Jaya Wahono mengatakan, PLTBM membuka lapangan kerja, meningkatkan kelas pendapatan masyarakat, serta tetap menjaga kearifan lokal setempat dan ini harus difasilitasi pemerintah. 

Keunggulan demografi yang dimiliki Indonesia, menurutnya harus dimanfaatkan, salah satunya melalui pembangunan PLTBM. (AB)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button