NEWS Electric Equipment POWER TECH
Trending

PLN Tingkatkan Fitur Estimasi Tagihan Baca Meter Mandiri

PLN Tingkatkan Fitur Estimasi Tagihan Baca Meter Mandiri
Listrik Indonesia | Semakin memudahkan pelanggan, PLN hadir dengan layanan baca meter mandiri melalui swacam di aplikasi New PLN Mobile. Sejak diluncurkannya aplikasi New PLN Mobile pada Desember 2020, fitur baca meter mandiri sudah menjadi salah satu fiturnya. Maret 2021 PLN meningkatkan performa fitur ini dengan estimasi tagihan rekening listrik. Hari Senin lalu (24/5) PLN kembali melakukan upgrade estimasi tagihan dengan mengakomodir tarif blok dan perbaikan perhitungan rekening minimum. 

"Harapannya dengan upgrade ini, estimasi tagihan listrik lebih akurat," kata Doddy, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya. 

Estimasi tagihan listrik di fitur baca meter mandiri sebelumnya belum mengakomodir tarif blok, yaitu tarif yang diberikan pada batasan pemakaian tertentu. Setiap tingkatan batasnya memiliki tarif listrik berbeda. Pada upgrade fitur ini juga terdapat perbaikan dalam perhitungan rekening minimum, yaitu perhitungan yang didasarkan pada 40 jam nyala. Baik Tarif Blok dan Rekening Minimum sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM nomor 28 tahun 2016. 

“Adanya estimasi ini tentu harapan kami bisa memudahkan pelanggan untuk perencanaan keuangan terutama pada anggaran listrik yang sudah menjadi rutinitas tiap bulannya,” Doddy menyampaikan. 

Catat meter mandiri melalui swacam ini menjadi salah satu solusi agar pelanggan bisa tahu pemakaian listriknya sendiri setiap bulan. Pelanggan bisa mengontrol sendiri pemakaian listriknya dengan tahu berapa pemakaian listrik setiap bulan. 

“Pelanggan PLN jadi lebih aware terhadap pemakaian listriknya sendiri dengan melakukan pencatatan mandiri,” tambah Doddy. 

Pada Pandemi Covid 19, fitur catat meter mandiri ini bisa mengurangi physical distancing antara petugas PLN dengan pelanggan. Dengan demikian potensi penularan virus Covid-19 juga semakin kecil. 

Pencatatan meter mandiri dapat dilakukan antara tanggal 24 s.d 27 setiap bulannya. Untuk melakukan pencatatan meter mandiri, langkahnya cukup mudah. Buka aplikasi New PLN Mobile, pilih menu Catat Meter, pilih Id Pelanggan, foto angka stand meter yang ada di kWh meter, masukkan angka stand meter, dan kirim. Estimasi biaya tagihan rekening listrik juga akan muncul. 

“New PLN Mobile ini benar-benar memudahkan pelanggan PLN karena tidak harus repot lagi untuk melakukan transaksi kelistrikan seperti pasang baru, ubah daya, bayar tagihan, sampai baca meter mandiri,” Doddy mengungkapkan. 



Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button