Trending

Pertamina RU III Plaju Ajak Masyarakat Ubah Sampah Rumah Tangga

Pertamina RU III Plaju Ajak Masyarakat Ubah Sampah Rumah Tangga
Dok. pertamina.com

Listrik Indonesia | PT Pertamina (Persero) melalui Refinery Unit (RU) III Plaju memperluas cakupan penerima manfaat program kampung iklim melalui pelatihan pembuatan komposter kepada masyarakat, sebagai wujud tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan (TJSL) untuk mengajak warga di sekitar perusahaan untuk memanfaatkan sampah rumah tangga agar menjadi barang yang lebih berharga.

 

Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung di Lorong Mulia I Kelurahan Talangbubuk dan dihadiri oleh Lurah Talangbubuk, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU III Plaju, dan 31 warga dari perwakilan Proklim kampung lainnya di Kecamatan Plaju, Kota Palembang.

 

Kegiatan ini merupakan upaya Pertamina RU III Plaju untuk mendukung Kelurahan Talangbubuk untuk membina beberapa kampung lainnya di Kecamatan Plaju yang merupakan ring 1 perusahaan agar dapat mencapai penghargaan sebagai Proklim (Program Kampung Iklim) Lestari tahun 2021.

 

Dalam sambutan saat pembukaan pelatihan, Susanto Umar selaku Lurah Talangbubuk mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan.

 

“Seyogyanya kita tidak membuang sampah sembarangan apalagi di parit dan sungai. Justru, kita akan mengolah sampah itu sendiri. Kegiatan berupa pemanfaatan sampah organik ini akan dibimbing oleh tim Proklim Kelurahan Talangbubuk,” tuturnya.

 

Susanto menambahkan bahwa Kelurahan Talangbubuk sudah terlebih dahulu mencapai Proklim Utama dan melalui kegiatan ini, kedepan akan ditargetkan meraih Proklim Lestari dengan cara membina 10 kampung lainnya yang telah ditetapkan dan diverifikasi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang.

 

“Mari kita bersama-sama bekerja memperbaiki kegiatan adaptasi dan mitigasi iklim sesuai apa yang sudah digariskan oleh Pemerintah Kota Palembang maupun Provinsi Sumatera Selatan, salah satunya melalui kegiatan pembuatan pupuk organik ini. Jadi sampah rumah tangga seperti sampah dari dapur dapat bermanfat bagi kita dan tidak dibuang percuma. Dan ini merupakan langkah awal kita menuju kebaikan,” terang Susanto memberikan motivasi kepada peserta.

 

Sementara itu pada kesempatan lain, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU III Plaju, Siti Rachmi Indahsari, mengharapkan bahwa tidak hanya komposter yang menjadi pupuk untuk kemudian dijual, akan dari pembuatan pupuk ini dapat mengubah kebiasaan dan perilaku warga sesuai dengan tujuan mitigasi dan adaptasi Proklim. Maka hasil yang diperoleh dapat menjadi penggerak bagi warga lain untuk memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan.

 

“Semoga antusiasme para peserta yang mengikuti pelatihan komposter ini dapat menciptakan agen-agen lingkungan baru di sekitar masyarakat untuk menciptakan kebiasaan positif masyarakat untuk memanfaatkan sampah rumah tangga menjadi barang berharga seperti pupuk organik sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pertamina RU III Plaju untuk senantiasa memberdayakan masyarakat di lingkungan sekitar perusahaan agar dapat berkembang bersama menjadi lebih baik,” pungkas Rachmi. (TS)

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button