AGENDA NEWS POWER TECH
Trending

Pentingnya Mengetahui Dampak Harmonisa di Peralatan Listrik, Yakonus Gelar Webinar Electrical Knowledge

Pentingnya Mengetahui Dampak Harmonisa di Peralatan Listrik, Yakonus Gelar Webinar Electrical Knowledge

Listrik Indonesia | Untuk meningkatkan kualitas daya listrik, perlu dilakukan upaya untuk menurunkan permasalahan yang menyebabkan kualitas daya listrik memburuk. Salah satu permasalahan yang menyebabkan kualitas daya buruk adalah harmonisa.

Yayasan Konstruksi Nusantara bersama PT Mun Hean Indonesia menggelar Webinar Electrical Knowledge bertajuk ‘Dampak Harmonisa Terhadap Kinerja Peralatan Listrik’ menghadirkan pakar kelistrikan sebagai pembicara yaitu Prof Iwa Garniwa, M.K., MT Rektor Institut Teknologi PLN, Eko Priyono, S.T., M.T Dosen ITBU/Praktisi IMC (Indonesia Maintenance), dan Samsudin Nurudin Safari Enginering Solution. Dan Sebanyak 275 peserta yang hadir dari dalam webinar tersebut antusias mengikuti hingga akhir acara.

Dalam pemaparanya, Prof Iwa Garniwa menjelaskan dampak dan mitigasi harmonisa terhadap peralatan kelistrikan. Harmonisa sendiri ialah gelombang sinusoidal tegangan atau arus yang memiliki frekuensi kelipatan dari frekuensi fundamentalnya. Bila harmonisa menyatu dengan gelombang frekuensi fundamentalnya, maka akan mengakibatkan bentuk gelombangnya tidak sinus lagi.

“Jadi mengakibatkan beberapa masalah yang dihasilkan harmonik. Makanya, sangat penting untuk diperhatikan dampak harmonisa ini di perlatan kelistrikan,”ujarnya dalam acara tersebut. Kamis, (25/2).

Lanjut, ia mejabarkan cara memitigasi harmonik. Pertama, perhatikan Struktural Modifikasi, seringkali hanya mungkin dalam tahap desain instalasi atau tidak mungkin sama sekali (misalnya : pusat komputer, jalur produksi. Selanjutnya,  Jumlah Pulse tinggi untuk beban industri karena dapat berubah menjadi sangat mahal (misalnya biaya perjalanan) dengan kebutuhan ruang cukup tinggi dan keberhasilan tidak dijamin.

Berikutnya, teknologi rendah polusi menggunakan switching front-end, teknologi yang menjanjikan tapi mahal ketika diaplikasikan ke semua beban , hanya masalah pada alamat harmonik dari eban yang perlu diperhatikan, dan Pengaturan pasif secara seri dengan beban  mengenal tegangan jatuh yang dapat mempengaruhi pengoperasian yang semestinya dari beban. Terakhir, Filter Tuned Pasif Reaktor dan kapasitor secara seri.

Dengan adanya sangat membantu individu berdasarkan Profesi/keahlian khusunya yang bekerja dibidang kelistrikan. Dibentuknya Yayasan Konstruksi Nusantara bertujuan membangun, mengembangkan, dan mempersiapkan SDM atau para Pekerja Jasa Konstruksi yang berlisensi / bersertifikat, serta memfasilitasi Badan Usaha dan Rantai Pasok, dan berbagai Pelaku Aktivitas terkait Jasa Konstruksi yang kompeten, profesionalitas dan berdaya saing.

Yakonus juga menyediakan fasilitas Pusat Pendidikan, Pelatihan, Kursus, Penelitian dan Pengembangan, serta fasilitas penunjang lainnya demi tercapainya upaya peningkatan dan penguatan kualitas serta kuantitas SDM dan produk jasa konstruksi dalam rangka mewujudkan Ketahanan Konstruksi Nasional. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button