NEWS
Trending

Mulai 2021 Premium Bakal Dihapus

Mulai 2021 Premium Bakal Dihapus

Listrik Indonesia | Bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium atau yang memiliki RON dibawah 90 tidak akan diedarkan mulai Januari 2021 khusus untuk wilayah Jawa, Madura, Bali (Jamali) sebagai pilot project.

Pemerintah menyebut BBM Premium akan dihapus sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 mengenai batasan Research Octane Number (RON).

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan MR Karliansyah mengatakan BBM Premium akan dihapus oleh PT Pertamina pada 1 Januari 2021.

“Syukur Alhamdulillah pada Senin malam yang lalu saya bertemu dengan Direktur Pertamina, beliau menyampaikan per 1 Januari 2021, premium di Jamali khususnya itu akan dihilangkan. Kemudian menyusul kota-kota lainnya di Indonesia,” katanya dalam diskusi virtual.

Salah satu yang menjadi perhatian pemerintah atas kebijakan tersebut adalah tentang lingkungan. Emisi yang timbul akibat penggunaan BBM dengan RON rendah sangat mencemari lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Berdasarkan data KLHK, Premium masih mendominasi konsumsi bensin di masyarakat.

"Premium masih mendominasi 55 persen penjualan bensin," ujar Karliansyah.

Untuk mendukung rencana tersebut, Karliansyah mendorong produsen BBM untuk menyiapkan kilang produksi bensin dengan nomor oktan di atas 91. (Cr)

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button