NEWS
Trending

Listrik untuk Industri Bakal Didiskon

Listrik untuk Industri Bakal Didiskon

Listrik Indonesia | Dalam rapat terbatas pada Rabu (12/2/2020), pemerintah berencana tarif listrik untuk industri akan dikenakan potongan alias diskon.
 

Menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang dalam rapat tersebut telah diputuskan industri bakal mendapatkan diskon tarif listrik. Hal ini berkaitan dengan maraknya baja impor. Melalui diskon tarif listrik diharapkan produk dalam negeri lebih kompetitif.
 

"Dalam rapat terbatas tersebut, menindaklanjuti permohonan dari kami kepada Kementerian ESDM dan Kementerian BUMN agar harga listrik untuk industri bisa diberikan semacam diskon," kata Agus.
 

Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Menteri BUMN Erick Thohir pun sudah sepakat untuk memberikan diskon. Akan tetapi, tidak semua industri mendapatkan diskon. Diskon tarif tersebut diberikan untuk industri yang beroperasi 24 jam dan diskon diberikan di waktu tertentu yang kemungkinan mulai pukul 10 malam hingga 5 atau 6 pagi.
 

“Bukan Cuma dua Menteri itu saja yang sepakat, ini juga sudah diputuskan Presiden,” ucapnya.
 

Terkait berapa besaran diskonnya belum ditetapkan dan  masih perlu dibicarakan lebih lanjut dengan kementerian terkait, juga kepada PT PLN (Persero). Namun menurutnya, agar industri nasional bisa lebih kompetitif, paling tidak tarif listrik industri selayaknya turun sekitar 15 persen. Jika misalnya saat ini industri membayar listrik sekitar 7,1 sen per kWh, dengan adanya diskon diharapkan menjadi 6 sen per kWh.
 

“Semoga dengan diberikan diskon ini produk dalam negeri lebih kompetitif,” pungkasnya. (CR)

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button