Renewable Energy ENERGY PRIMER Power Plant MEGA PROJECT NEWS
Trending

Lagi, Jawa Timur Akan Tambah PLTMH

Lagi, Jawa Timur Akan Tambah PLTMH
Unibraw akan bangun PLTMH di Ponorogo. (foto: net)

Listrik Indonesia | LPPM Universitas Brawijaya Malang akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro atau PLTMH Desa (Pemdes) Selur, Kecamatan Ngrayun, Ponorogo. PLTMH ini akan dibangun di tempat wisata Air Terjun Sunggah Desa Selur.

"Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro ini dikerjakan oleh warga sekitar dan pada waktu kunjungan ini pengerjaan sudah mencapai 80 persen," ujar Ketua LPPM Universitas Brawijaya Malang, Bambang Susilo, di lokasi, Kamis (22/10).

Dia mengatakan bahwa harapan dari Universitas Brawijaya adalah dengan terjalinnya kerjasama seperti ini Desa Selur merupakan bagian dari Desa mitra Universitas Brawijaya. Dengan terbangunnya PLTMH selain untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat yang belum teraliri, juga bisa berfungsi sebagai pengairan sawah. Sehingga mampu menopang Pendapatan Asli Desa (PAD) melalui energy terbarukan.

"Kerjasama antara Unibraw Malang dengan Desa SelurPonorogo ini sudah ditandatangani sejak tahun 2019 kemarin dengan kapasitas 25 kWh," ucapnya.

Kepala Desa Selur, Suprapto menuturkan, atas nama pemerintah desa dan masyarakat Desa Selur, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Universitas Brawijaya Malang atas pembangunan PLTMH itu. Menurutnya, PLTMH itu dibangun melalui program doktor mengabdi.

"Potensi lokal bisa dimanfaatkan secara optimal. Yaitu, konsep memanen air hujan dengan dibangunnya PLTMH sangat membantu maysrakat Desa Selur," katanya

Program ini merupakan sebuah bentuk kerjasama dalam program doktor mengabdi yang dihadiri oleh ketua beserta anggota LPPM Universitas Brawijaya Malang. Pembangunan Listrik Mikro Hydro ini berasal dari LPPM Universitas Brawijaya serta Dana Pendamping dari Desa Selur yang bersumber dari Dana Desa.

"Selaras dengan program pemerintah untuk menggarap energi terbarukan, alhamdullilah Desa Selur dengan bekerjasama dengan Universitas Brawijaya Malang sudah melakukan terlebih dahulu," ungkapnya.

Dia menjelaskan, masih banyak potensi lokal lainnya yang memerlukan penanganan dan optimalisasi. Dari catatan PLN UID Jawa Timur, sudah terdapat 4 PLTMH, 8 PLTS, 2 PLTA dan 1 PLTSa. (pin)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button