Trending

Komitmen PLN Hadirkan Listrik Andal Lewat Trafo Nasional

Komitmen PLN Hadirkan Listrik Andal Lewat Trafo Nasional
Acara syukuran atas pembebanan trafo tenaga 500/150 MVA Gistet Gresik, di PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM), Jawa Timur, Rabu (22/12/2021).

Listrik Indonesia | Listrik menjadi kebutuhan utama dalam segala aspek kehidupan, diantaranya mampu mendorong roda perekenomian. Oleh sebab itu, dibutuhkan ketersediaan, keandalan, dan keterjangkuan harga listrik bagi masyarakat.

 

Dalam menghadirkan keandalan dan ketersedian energi listrik membutuhkan distribusi melalui rangkaian jaringan transmisi, mulai dari pembangkit hingga pelanggan. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN, melalui PT PLN (Persero) Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) memiliki peran dan fungsi strategis untuk mendistribusikan dan menjaga keandalan listrik, khususnya di area Jawa Bagian Timur hingga Bali.

 

General Manager (GM) PT PLN (Persero) UIT JBM, Didik Fauzi Dakhlan, mengatakan, pengembangan dan pembangunan infrastruktur saluran transmisi dan gardu induk secara umum direncanakan untuk memperoleh evakuasi pembangkitan ke pusat kebutuhan beban; mengatasi kondisi kerawanan sistem; mendukung target penjualan energi listrik; mengatasi bottleneck; dan meningkatkan keandalan dan fleksibilitas operasi sistem.

 

“Pengembangan sistem transmisi di Sistem Jawa Timur dan Bali secara umum terbagi menjadi 3 kriteria yaitu evakuasi, penjualan dan keandalan. Dan hal ini membutuhkan sumbangsih peran tidak hanya UIT JBT,  tapi juga melibatkan rekan–rekan UIP, UIP2B serta UID Jatim dan Bali,” jelas Didik, kepada Listrik Indonesia, di Gresik, Jawa Timur, Rabu (22/12/21).

 

Didik menambahkan, beberapa tindakan dilakukan oleh PLN UIT JBM agar dapat menurunkan dampak kedip tegangan karena gangguan transmisi yakni antara lain diperlukan sinergi antara PLN dengan stakeholder eksternal (konsumen, perguruan tinggi ITS, dan lain-lain). Diantaranya, PLN UIT JBM telah mengoperasikan Trafo GISTET Gresik 500/150 kV 500 MVA, yang merupakan transformator tenaga dari hasil kerjasama pada Tahun 2017-APLN antara PT PLN (Persero) Kantor Pusat dengan PT XD Sakti Indonesia.

 

“Setiap Kerjasama Pengadaaan dan Pemasangan Transformator Tenaga Tahun 2017- APLN antara PT PLN (Persero) dengan rekan kerja (vendor) merupakan kewenangan PT PLN (Persero) Kantor Pusat dan dikoordinatori oleh Supply Chains Management,” jelas dia.

 

Didik menambahkan, untuk Supervisi Pengawasan terkait pelaksanaan Desain Review Meeting (DRM), Quality Accurance dan Quality Control (QA/QC) dilakukan oleh PT PLN (Persero) Pusat Enjinering Ketenagalistrikan. “Trafo 500/150 kV – 500 MVA peruntukan GISTET Gresik ini digunakan untuk penambahan keandalan daya pasokan pada Sistem 500 kV Gresik,” tegas dia.

 

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur PT XD Sakti Indonesia, Liu Zhaohua, mengatakan kami

mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan PT PLN (Persero) kepada PT XD Sakti Indonesia untuk menjadi bagian dari penunjang sistem kelistrikan di Indonesia hingga saat ini. “Trafo listrik Gresik adalah kebanggaan kami. Penyelesaian proyek ini juga merupakan komitmen dan keseriusan kami dalam mendukung sistem kelistrikan yang andal untuk PLN UIT JBM dan Indonesia,” kata Liu.

 

Hingga saat ini, PT XD Sakti Indonesia telah memproduksi trafo daya mulai dari kapasitas 30 MVA, 60 MVA dan hingga 500 MVA dan telah dikirim ke berbagai gardu induk PLN yang tersebar hampir di seluruh Indonesia, mulai dari Pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Jawa hinga Papua. “Dan Trafo terbesar yang kami produksi ini adalah Trafo Tenaga GISTET Gresik dengan type 500/150 kV 500 MVA,” jelas dia.

 

Menurut Liu, trafo listrik Gresik adalah kebanggaan PT XD Sakti Indonesia. Penyelesaian proyek ini juga merupakan komitmen dan keseriusan kami dalam mendukung sistem kelistrikan yang handal untuk PLN UIT JBM dan Indonesia.“Meskipun dalam prosesnya kami menghadapi kendala terutama dalam proses pengiriman, akan tetapi kami tetap berkomitmen untuk menyelesaikannya dengan baik karena merupakan tanggung jawab kami setelah dipercaya oleh PLN,” ujar dia.

 

Dia menambahkan, semoga kedepannya kami dapat menjadi yang terdepan dalam pembuatan trafo tenaga yang memiliki kinerja yang baik dalam hal ready on site schedule, kualitas dan layanan purna jual, dan terus berkomitmen menjadi partner terpercaya untuk semua proyek di PLN. “Dengan selesainya pekerjaan Trafo Tenaga di GISTET Gresik, atas nama PT XD Sakti Indonesia, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu dan berkoordinasi dengan baik untuk menyelesaikan proyek ini, diantaranya General Manager dan rekan-rekan PLN UIT JBM; General Manager dan rekan-rekan PJB UP Gresik; PT Kentjana Sakti Indonesia; PT Mahakam; PT Pacific Prima Perkasa; serta pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu, namun memiliki peran penting dalam penyelesaian proyek ini,” imbuh dia.

 

Buatan Dalam Negeri

Big Things Start from Big and Great Spirit, mungkin itu salah satu kalimat yang menggambarkan usaha dan kerja keras PT XD Sakti Indonesia untuk terciptanya Trafo Tenaga 500/150 kV 500 MVA GISTET Gresik, sebagai salah satu Trafo Tenaga terbesar buatan bangsa Indonesia.

 

Mei Rachmat Suryadin, Project Manajemen PT XD Sakti Indonesia untuk Trafo Gresik, mengatakan berbagai kendala yang dihadapai mulai dari proses desain yang mengharuskan mengikuti desain Trafo eksisting, perdebatan seru saat pembahasan dokumen DRM (Design Review Meeting), proses pengujian jenis (type test), hingga proses transportasi yang dengan segala hambatan yang sangat menguras energi, biaya dan pikiran. 

 

Namun, menurut Mei, PT XD Sakti Idonesia terus berkomitmen dan berdedikasi untuk melakukan penelitian, pengembangan, dan memproduksi peralatan transmisi dan distribusi AC/DC tegangan tinggi dan ultra-tinggi di Indonesia. “Dengan teknologi desain yang canggih dan diperbarui, tim profesional yang berpengalaman, fasilitas peringkat teratas dunia, menjadi pemacu semangat kami dalam merealisasikan Trafo Terbesar buatan anak bangsa ini,” ujar dia.

 

Trafo Tenaga 500/150 kV 500 MVA GISTET Gresik merupakan proyek vital PLN, khususnya bagi PLN UIT JBM, sebagai penyulang untuk memasok energi dari Pembangkit PJB UP Gresik dalam upaya memenuhi kebutuhan listrik di  wilayah Jawa Bagian Timur. Pengadaan Trafo tenaga ini untuk menggantikan Trafo Tenaga sebelumnya yang sudah beroperasi lebih dari 20 tahun sehingga perlu dilakukan pengadaan Trafo baru.

 

Mengingat kapasitas pabrikasi dan testing yang bisa menunjang produksi ini maka dengan sangat  yakin PT XD Sakti Indonesia mengambil tantangan dari PLN (Persero) untuk menciptakan Trafo terbesar yang bisa di fabrikasi di Indonesia. “Walaupun pada dasarnya Head Quarter PT XD Sakti Indonesia Xian Electric sudah terbiasa dengan pembuatan  Trafo dengan kapasitas hingga 1000 MVA 3 Phase. Namun ketetentuan untuk mengikuti desain eksisting Trafo menjadi salah satu kendala tersendiri bagi engineering XD Sakti Indonesia,” jelas Mei.

 

Pelaksanaan produksi dimonitori dan melewati berbagai tahap QAQC, mulai dari verifikasi material, FO Placing, Tanking hingga FAT yang dipantau dan di verifikasi langsung oleh PLN Unit hingga PLN Pusmanpro sebagai unit pelaksana QAQC yang ditunjuk oleh PLN. “Pada waktu pengujian ada sedikit kendala pada saat pengujian PD sehingga perlu dilakukan penundaan pengujian dan pengecekan ulang pada unit Trafo tersebut. Melalui beberapa investigasi dan perbaikan dan pemaparan langsung pada PLN Pusertif sebagai Lembaga pengujian dan sertifikasi PLN hingga  disepakati dilakukan pengujian lanjutan dan akhirnya,  Trafo Tenaga ini bisa lulus uji jenis dengan hasil yang sesuai standar yang di harapkan PLN,” tandas Mei.

 

Tantangan Proses Pengiriman

 

Proses pengiriman yang menjadi bagian tersulit dari pengadaan Trafo Tenaga ini. Dimensi Trafo tenaga yang sangat besar dengan berat hingga 360 Ton menjadi salah satu kendala bagi PT Kentjana Sakti Indonesia sebagai Transporter Trafo Tenaga yang di percayakan untuk mengirim Trafo tenaga dari Pabrikan PT XD Sakti Indonesia – Pondasi Trafo Tenaga GISTET Gresik.

 

Sebuah perjalanan panjang menjawab Tugas menantang yang belum pernah dilaksanakan sebelumnya pun dimulai. Perngiriman Trafo Terbesar yang pernah dibuat anak bangsa dari Pabrikan PT XD Sakti Indonesia yang terletak ditengah-tengah kota Bekasi – Jawa Barat menuju GITET di PJB UP Pembangkit Gresik, Jawa Timur.

Erwin, Project Manager PT Kentjana Sakti Indonesia (KSI), menyampaikan personel-personel terbaik dibidangnya disatukan dalam satu meja, rute-rute alternative terbaik diajukan dan dianalisa termasuk semua dampaknya, survey – survey tanpa lelah dilakukan, jembatan –jembatan dianalisa dan diperiksa senti demi senti, jalan-jalan dilihat meter demi meter, diskusi-diskusi dengan semua ahli terus dilakukan, perhitungan – perhitungan teknis disajikan dan diselaraskan dengan kondisi actual di lapangan, maka Rute PT XD Sakti – Muara Gembong – PJB Gresik menjadi pilihan terbaik.

“Perizinan dari mulai jalan Kabupaten, Jalan Provinsi, Jalan Nasional dan Jalan Toll kami dapatkan dengan bimbingan terbaik para ahli dibidangnya. Semua dihitung dan dianalisa karena belum pernah ada produk sebesar dan seberat ini melintas di jalur yang sudah kami tentukan ini,” kata Erwin.

Dia menambahkan, rute PT XD Sakti Indonesia – Muara Gembong sejauh 83 Km melewati 10 jembatan, 3 jembatan di Fly Over Bridge (FOB), 1 Jembatan di Deltamas harus dibangun untuk akses menuju jalan Toll Jakarta Cikampek, 5 km jalan harus diperlebar dan 1 dermaga harus dibangun tidak menyurutkan langkah kami untuk ikut bersumbangsih menerangi bumi pertiwi.

Perjalanan panjang dilanjutkan menggunakan LCT Container Pasific 1 dari PT BLG, sebuah LCT special yang bisa berlabuh di pantai – pantai dangkal. Menyusuri Sungai Citarum menuju laut lepas merupakan perjuangan tersendiri, 30 hari kami harus melakukan pengerukan siang dan malam di Muara agar LCT bisa berlayar di Lautan Lepas.

Erwin menambahkan, trafo terbesar ini melakukan pelayaran dari Muara Gembong menuju Dermaga Sementara PJB Gresik, perbaikan minor kami lakukan di dermaga sementara PJB Gresik agar LCT dapat secara sempurna berlabuh. “Trafo terbesar ini akhirnya menginjakan roda-rodanya di jalanan PJB Gresik dan dapat kami Sliding dan Jacking di Pondasi dengan aman dan dalam waktu yang tidak terlalu lama, 3 hari kami jacking akhirnya Trafo Terbesar ini dapat duduk manis di pondasi permanen GITET Gresik. Senyum lebar dari para pemangku kepentingan dan tepukan di bahu menghilangkan segala penat dan lelah kami. Sebuah perjalanan panjang yang tidak akan pernah kami lupakan,” jelas Erwin.

Lanjut dia, Erection dan SAT dengan sangat sempurna dilakukan oleh teman-teman kami dari PT Pasific Prima Perkasa. “Terima Kasih PT XD Sakti Indonesia atas kepercayaanya terhadap kami. Kami sangat bangga dapat melaksanakan tugas mengirimkan Trafo terbesar Karya anak Bangsa,” pungkas Erwin. (***)

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button