Activity CORPORATION NEWS
Trending

Jokowi Pecat Langsung Pejabat Tinggi Pertamina karena Impor Pipa?

Jokowi Pecat Langsung Pejabat Tinggi Pertamina karena Impor Pipa?
Kantor PT Pertamina (Persero) di Jakarta [Foto: kabaruang.com - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo alias Jokowi dilaporkan beberapa media berita daring (online) baru saja memecat langsung seorang pejabat tinggi PT Pertamina (Persero).

CNNIndonesia.com dan Detik.com memberitakan sumber informasi ihwal pencopotan jabatan elite perusahaan tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan (LBP).

Tidak menyebutkan nama pejabat naas itu, Luhut mengungkapkan orang penting di perusahaan minyak dan gas (migas) dilengserkan langsung Jokowi dilatari persoalan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

"Ada pejabat tinggi Pertamina kemarin itu dipecat presiden langsung," kata Luhut dalam Rakernas Penguatan Ekosistem Inovasi Teknologi BPPT 2021, seperti dikutip CNNIndonesia.com, Selasa, 9 Maret 2021. 

Pemerintah memang tengah mendorong kenaikan TKDN untuk menekan impor dan menjaga neraca perdagangan.

BACA JUGA: Pertamina Komitmen Tingkatkan TKDN di Seluruh Proyeknya

"Kamu cek aja siapa yang diganti," ujar Luhut kepada peserta rapat.

Dilaporkan pula bahwa sebelum memberi informasi mengenai pemecatan, Luhut menyebut Pertamina ngawur. Tepatnya, soal Pertamina yang masih mengimpor pipa yang sebenarnya sudah bisa diproduksi di dalam negeri.

"Pertamina itu ngawur-nya minta ampun. Masih impor pipa, padahal sudah bisa dibuat di Indonesia. Bagaimana itu?," tandas Menteri Koordinator berlatar belakang militer itu. 

Informasi yang dihimpun LISTRIK INDONESIA, pejabat yang dipecat level direktur. Menjadi perbincangan menarik sebab pemecatan pejabat direktur di perusahaan terbuka lazimnya melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). 

Tokoh kunci di perusahaan yang didirikan pada 10 Desember 1957 ini adalah Basuki Tjahaja Purnama (BTP) sebagai komisaris utama dan Nicke Widyawati (direktur utama). (RE)



 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button