Event AGENDA NEWS
Trending

Inilah Para Jawara Lomba Esai dan Foto #idemuuntuknegeri HLN

Inilah Para Jawara Lomba Esai dan Foto #idemuuntuknegeri HLN
Rida Mulyana, Dirjen Ketenagalistrikan KESDM

Listrik Indonesia | Dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-75, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan bekerjasama dengan Energy Academy Indonesia (ECADIN) menyelenggarakan lomba esay dan foto dengan tema “Energy, Sustanaibility, and Society (ESS) #idemuuntuknegeri”. Acara yang dimulai sejak tanggal 17 Agustus 2020 ini ditutup dengan event ESS Summit, Selasa (27/10) dengan pengumuman pemenang dan motivational talk Maudy Ayunda, pesohor dan pemerhati pendidikan.

Dalam ESS Summit yang disiarkan langsung secara virtual tersebut, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana, hadir dan memberikan apresiasi terhadap finalis dan peserta lomba yang sebagian besar adalah kaum muda.

Rida mengatakan, lomba esai dan foto ini merupakan kegiatan positif khususnya di sektor energi untuk menyampaikan ide dan harapan ke depan. “Saya menyambut baik terselenggaranya lomba foto dan lomba esai ini, dan terima kasih kepada semua yang terlibat,” kata Rida.

Menulis esai dan menciptakan karya foto disebut Rida merupakan bentuk media untuk menyampaikan ide dan harapan untuk peningkatan kualitas ke depan. Untuk itu lomba menulis esai dan lomba foto yang diselenggarakan oleh Ditjen Ketenagalistrikan bersama Energy Academy Indonesia dinilai Rida sangat positif untuk sektor energi di masa depan.

Pemerintah disebut Rida telah menargetkan penyediaan energi listrik yang berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Untuk itu Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan berkomitmen menyediakan akses listrik sesuai dengan prinsip 5 K yaitu ketersediaan, kualitas, keterjangkauan, keberlanjutan, dan keadilan.

Direktur Utama PT PLN (Persero), Zulkifli Zaini dalam kesempatan yang sama memberikan mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dalam momentum hari listrik nasional ke-75, bangsa Indonesia dapat lebih baik lagi dalam hal ekonomi. Menurutnya energi merupakan unsur utama dalam mendorong perekonomian. Untuk itu, ia mengajak semua pihak berperan serta mendorong pengembangan energi, khususnya energi baru dan terbarukan.

“Selamat kepada pemenang, semoga ide-ide yang disampaikan dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk mencari solusi dalam kebutuhan energi di masa depan, khususnya energi baru terbarukan,” ujar Zulkifli.

Founder Ecadin, Desti Alkano menyampaikan bahwa pendaftar karya esai dan foto ini mencapai sekitar 4.000 peserta. Menurutnya hal ini menggambarkan banyaknya inovasi dan potensi berkelanjutan sektor energi di tangan generasi muda. Ia berharap kualitas pendidikan serta kesiapan bekerja dan berkarya generasi muda semakin meningkat, khususnya di sektor ketenagalistrikan yang berkelanjutan untuk untuk menjawab tantangan masyarakat yang semakin dinamis. “Selamat hari listrik nasional, semoga sehat selalu, tidak perlu hebat untuk memulai apa yang kita impikan,” tutupnya.

Sebagai informasi, Pemenang Lomba Esai, Juara Pertama Ifana Futramsyah dari Universitas Gadjah Mada, judul esai Desain dan Pengembangan Mesin Desalinasi Air Laut Berbasis Teknologi Photovoltaics Guna Mendukung Peternakan Kerbau di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya; Juara Kedua Marcellinus Gonzaga dari Universitas Proklamasi 45, judul esai Implementasi Inovasi Teknologi Micro Submersible Hydro Power Plant guna Mewujudkan Kemandirian Energi Listrik Pedesaan Berwawasan Lingkungan; dan Juara Ketiga Prisma Riashuda Prakosa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, judul esaiKonsep Baterai Laut Nelayan Berbasis Sea Water Salinity Sebagai Alternatif Pemenuhan Energi Listrik Terbarukan di Laut

Sedangkan untuk pemenang lomba foto Juara I Masyudi Firmansyah, judul karya “Lighting Man”; Juara Kedua Ketut wisnu mahendra, judul karya “Electric Plant”; dan Juara Ketiga Ade Krisna Setiawan, judul karya “Clean Energy for Achieving Sustainable Development Goals”. (TS)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button