ENERGY PRIMER Emission & Carbon ENVIRO Waste to Energy Electricity System MEGA PROJECT NEWS
Trending

Indonesia Power Gencar Lakukan Cofiring pada PLTU

Indonesia Power Gencar Lakukan Cofiring pada PLTU
Ilustrasi
Listrik Indonesia | 

PT Indonesia Power, anak usaha PT PLN (Persero) tengah melakukan cofiring dengan pellet biomass. 

Ahsin Sidqi, Direktur Utama Indonesia Power mengatakan cofiring adalah metode substitusi sebagian batu bara dengan bahan bakar yang berasal dari renewable energy pada rasio tertentu dengan tetap memperhatikan kualitas bahan bakar sesuai kebutuhan.

Adapun bahan bakar substitusi yang digunakan adalah pellet SRF (Solid Recovered Fuel) atau RDF (Refused Derived Fuel). Kedua jenis pellet tersebut dihasilkan dari pengolahan limbah domestik maupun limbah komersial yang keduanya bisa digunakan untuk cofiring pada PLTU tipe stoker, Circulating Fluidizing Bed (CFB), maupun pulverized coal (PC) boiler. Selain itu, pellet dapat pula digunakan untuk gasifier.

“Solusi energi ke depan ialah waste to energy. Kami berterima kasih kepada para penggagas terdahulu yang telah gigih memperjuangakan sebelumnya. Ini adalah people power of energy, karena yang terlibat di dalamnya sangat banyak. Saya yakin target penerintah pada 2025 dapat tercapai,” kata Ahsin dalam Webinar Coffee Morning : MKI Jumpa Dirjen EBTKE. Senin, (21/12/2020).

Lanjut, ia mengatakan, adanya cofiring dapat membantu daerah-daerah yang kesulitan batu bara seperti di Lombok dan Papua.
 

Indonesia Power pun juga telah membuat peta jalan Cofiring di Indonesia. Untuk tahun 2021 Indonesia Power pada bulan Februari - Maret akan melakukan uji  kompabilitas & perfomance test biomassa di PLTU Pangkalan Susu. Maret - April  uji coba yang sama dilakukan di PLTU Barru, pada bulan ini juga akan memproduksi SRF di Citarum Harum tahap 1 dan Setup Plant SRF Sukabumi. Kemudian pada April penyediaan woodchip &  SRF untuk Operasi Kontinyu. Mei - Oktober Dilakukan pengujian operasi kontinyu woodchip &  SRF (3000 jam). Lalu pada November - Desember pengajuan izin operasi komersial woodchip/SRF PLTU Lontar dan akhir  tahun 2021 mulai produksi  SRF di Citarum Harum tahap 2 & Plant SRF Sukabumi.

Indonesia Power mencatat potensi cofiring biomassa pada PLTU sebanyak 114 unit PLTU di 52 Lokasi atau sebesar 18.154 Megawatt. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button