NEWS
Trending

IMECO Hadirkan Teknologi Monitor Polutan CEMS

IMECO Hadirkan Teknologi Monitor Polutan CEMS
Listrik Indonesia | PT IMECO Inter Sarana, distributor dari solusi pembangkitan listrik, menghadirkan beragam teknologi terkini untuk menghadirkan inovasi terkini bagi keandalan operasional pembangkit listrik di Indonesia. Tidak hanya untuk unit-unit pembangkit yang baru, tetapi untuk unit-unit yang lama.

R Sonixtus A, Division Manager Power Support & Transportation Business Unit PT IMECO Inter Sarana, kepada Listrik Indonesia mengatakan, berbicara mengenai pembangkit listrik yang menggunakan batu bara, terus mengalami fluktuasi harga. “Terkait hal tersebut, pemerintah mendorong PLN untuk menggunakan batu bara berkalori lebih rendah untuk menekan harga produksi pembangkit. Tetapi kenyataan di lapangan meskipun harga relatif lebih murah, batu berkalori rendah memiliki beragam tantangan,” ujar Sonixtus, di acara TJB Infinite 2019, di Patra Semarang Hotel, Jawa Tengah, Selasa (30/7/2019).

Lanjut Sonixtus, IMECO dapat memberikan solusi melalui berbagai studi untuk menjaga produksi listrik dapat berjalan dengan baik dengan penggunaan batu berkalori rendah. “Di sisi isu lingkungan, pemerintah mentargetkan penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) sekitar 22-23 persen. Sementara itu, pembangkit yang menggunakan batu bara memgambil porsi sekitar 54 persen,” ungkap dia.

Terkait isu lingkungan, lanjut Sonixtus, kami memiliki sistem monitoring untuk polutan yang dihasilkan dari pembakaran batu bara, yaitu continue emisition monitoring system (CEMS) untuk mengukur kandungan polutan SOX, NOX, dan kadar mercuri. “Jika nilai kandungan polutan tinggi, kami dapat memberikan solusi untuk mengurangi polutan tersebut,” jelas dia.

Tidak hanya itu, pembangkit listrik yang menggunakan batu bara dapat menghasilkan debu yang dapat mengancam kesehatan masyarakat sekitarnya. “Debu batu bara sulit dikendalikan karena terbawa angin. Kami memiliki dua solusi untuk mengatasinya, yaitu dry fog (kabut) berbasis air dan wind fence (pagar angin). Selain itu, kami juga memiliki solusi untuk mengurangi kandungan mercuri dari sisa pembakaran batu bara,” ujarnya.

“IMECO terus berkomitmen dan dukungan untuk memberikan edukasi dan sharing technology untuk dapat membantu kinerja pembangkit yang ada di Indonesia. Salah satunya dengan mengikuti ajang pameran TJB Infinite untuk kedua kalinya,” pungkas Sonixtus. (TS)
 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button