NEWS
Trending

Gandeng ITB, Thorcon Berencana Bangun Pabrik Bahan Bakar Nuklir

Gandeng ITB, Thorcon Berencana Bangun Pabrik Bahan Bakar Nuklir

Listrik Indonesia | PT Thorcon Power Indonesia menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk  Penelitian dan Pengembangan Teknologi Nuklir Thorium Molten Salt Reactor dan berencana membangun pabrik bahan bakar nuklir.

Chief Operating Officer Thorcon Power Indonesia, Bob S Effendi mengungkapkan, kerja sama ini untuk mengembangkan  industri bahan bakar nuklir. Thorcon berencana membangun pabrik bahan bakar nuklir dalam 3 tahun ke depan di Indonesia, yang akan menjadi supply chain dari industri nuklir.

“Tindak lanjut dari pelaksanaan nota kesepahaman ini adalah untuk menuju pembangunan Laboratorium Molten Salt Reactor (MSR) pertama di Indonesia yang akan dibangun di salah satu kawasan kampus ITB, dimana ground breaking ditargetkan pada September 2021,” kata Bob, Jumat (23/7).

Adapun dalam nota kesepahaman tersebut kedua belah pihak sepakat untuk melakukan penelitian dan pengembangan teknologi Molten Salt Reactor; mendukung penelitian, pengembangan dan inovasi untuk pembuatan dan uji bahan bakar Molten Salt Reactor; mendukung dalam partisipasi desain Thorium Molten Salt Reactor (TMSR); mendukung pengembangan peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia Indonesia dalam penguasaan teknologi TMSR; serta kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam mendukung program Thorcon ke depannya.

Sebelumnya Thorcon juga bekerja sama dengan perguruan tinggi lain Virginia Tech University dan University of California Berkeley dalam pengembangan serupa. Rektor ITB Reini Wirahadikusumah mengatakan, kerja sama ini akan menjadi inovasi unggulan berkelas dunia di bidang Iptek nuklir. Sehingga dapat memberikan manfaat demi kemajuan bangsa Indonesia.

“Dengan begitu kerja sama ini menjadikan ITB terdepan dalam litbang di bidang bahan bakar MSR dan dapat menjadi centre of excellence kelas dunia dalam teknologi nukir,”ucapnya.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button