ENERGY PRIMER

Pemerintah Godok Revisi Aturan BBM Subsidi Tepat Sasaran

Pemerintah tengah menggodok revisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) yang mengatur pembatasan penerima Bahan Bakar Minyak bersubsidi dan penugasan, agar BBM jenis Sol Read More »
ENERGY PRIMER

IESR: Perlu Segera Transformasi Ekonomi di Daerah Penghasil Batubara

Permintaan terhadap batubara sebagai sumber energi dalam jangka panjang diprediksi akan mengalami penurunan signifikan. Tren ini dipengaruhi oleh menguatnya komitmen iklim dari negara-negara yang mengimpor batubara untuk beralih ke energi yang terbarukan. Read More »
ENERGY PRIMER

Awasi Penyaluran BBM Subsidi, BPH Migas Gandeng Kemendagri Perkuat Peran Pemda

Kementerian ESDM melalui Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menggandeng Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memperkuat peran pemerintah daerah dalam pengawasan penyaluran BBM subsidi tepat sasaran. Read More »
ENERGY PRIMER

Melestarikan Sungai Citarum Jadi Komitmen Indonesia Power

PLN dan Indonesia Power mengambil peran strategis dalam melestarikan Sungai Citarum di Jawa Barat. Hal tersebut merupakan komitmen korporasi terhadap lingkungan dan kelestarian alam di Indonesia. Read More »
ENERGY PRIMER

Pertamina Hadirkan Green Energy Bertenaga Surya dan Angin

Desa Energi Berdikari Cilacap merupakan bagian dari Program Pengembangan EBT (Energi Baru Terbarukan) dalam kerangka ESG (Environmental, Social & Governance). Program berbasis CID (Community Involvement Development) yang dijalankan Pertamina RU IV Cilacap Read More »
ENERGY PRIMER

Dua PLTM di Lampung Mulai Beroperasi

PT PLN (Persero) terus menambah porsi pembangkit berbasis energi baru terbarukan di Indonesia. Read More »
ENERGY PRIMER

Transisi Energi Hanya akan Dinikmati Importir?

Ada kegalauan dari para praktisi energi baru terbarukan (EBT) dalam upaya menciptakan net zero emission di tahun 2060. Keresahan itu berasal dari masih adanya ego sektoral dalam mendukung penggunaan energi bersih. Read More »
ENERGY PRIMER

IESR Dorong Manfaatkan Keuntungan Batubara untuk Akselerasi Transisi Energi

Sebagai penyumbang emisi gas rumah kaca (GRK) terbesar, PLTU perlu dipensiunkan sebelum tahun 2050 dan diganti sepenuhnya dengan energi terbarukan. Read More »
ENERGY PRIMER

Akademisi UGM: Biomassa untuk Sektor Kelistrikan PLN Bersaing dengan Pasar Internasional

Pemanfaatan sampah untuk energi pun masih sulit karena banyak hambatan, salah satunya adalah perbedaan persepsi tentang biaya pengolahan sampah. Read More »
ENERGY PRIMER

450 Titik PJU-TS Terpasang, Terangi Jalanan Umum 4 Kabupaten di Provinsi Sulsel

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) didukung Komisi VII DPR-RI dan Pemerintah Daerah terus berkomitmen untuk menjalankan berbagai program kegiatan yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat. Read More »
ENERGY PRIMER

Dirjen EBTKE: Co-firing Jadi Tumpuan Utama Transisi Energi bagi Negara Agraris

Pemerintah Indonesia sudah menyepakati target _Net Zero Emission_ (NZE) pada 2060. Salah satu langkahnya adalah dengan menurunkan penggunaan pembangkit berbasis fosil.  Untuk itu, PT PLN (Persero) mencoba langkah akselerasi penurunan emisi karbon dengan Read More »
ENERGY PRIMER

Akademisi IPB: Potensi Lahan Kering Untuk Produksi Biomassa Di Pulau Jawa Capai Ratusan Ribu Hektar

Survei Bioenergy and Surfactant Research Center IPB University menyebut di Pulau Jawa saja, dalam area 60 km dari PLTU, tersedia lahan kering hingga 916 ribu hektar yang memadai untuk mendukung kebijakan cofiring 5% pada 16 PLTU milik PLN Read More »
 
Back to top button