AGENDA
Trending

Difusi Teknologi Tepat Guna BRIN untuk Penderes Nira

Difusi Teknologi Tepat Guna BRIN untuk Penderes Nira

Listrik Indonesia | Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bersama dengan Komisi VII DPR RI memberikan bantuan peralatan teknologi tepat guna bagi masyarakat Desa Batuanten dan sekitarnya pada Minggu (17/10). Sejumlah peralatan alat pemanjat pohon kelapa, helm ramah lingkungan (Helmet Green Composite), dan mesin grinder bakso diserahterimakan kepada warga setempat.

Keselamatan kerja bagi penderes nira di Kecamatan Cilongok Banyumas menjadi perhatian utama kedua lembaga tersebut. “Kecamatan Cilongok merupakan sentra gula merah, sebagai salah satu bahan penting dalam pembuatan gudeg. Ada lebih dari 21 ribu penderes di kecamatan ini, namun kami prihatin mendengar kabar adanya korban jiwa para penderes yang jatuh dari pohon kelapa karena licin,” ujar Sugeng Suparwoto, Ketua Komisi VII DPR RI.

Untuk itu, Ia bersama BRIN berupaya mencari solusi untuk menjaga keselamatan para penderes. “Umumnya para penderes ini tidak memiliki asuransi jiwa, karenanya kita manfaatkan teknologi tepat guna yang dimiliki BRIN untuk membantu menjaga keselamatan masyarakat,” tegas Sugeng.

Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, Mego Pinandito dalam arahannya menyatakan pentingnya mengenalkan teknologi yang dimiliki BRIN kepada masyarakat. “Kami datang ke Desa Batuanten Cilongok Banyumas ini selain untuk melihat potensi desa, juga untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi masyarakat agar BRIN dapat menghasilkan teknologi yang diperlukan masyarakat,” terangnya.

Dalam kesempatan ini Mego mengenalkan cara kerja alat pemanjat pohon kelapa. “Alat ini dapat memudahkan penderes dalam memanjat pohon kelapa secara lebih aman dan tidak lincin, ke depan kami akan mengembangkan alat yang dapat membantu aktivitas menderes,” tambahnya.

Disamping itu, teknologi helm ramah lingkungan (Helmet Green Composite) juga dikenalkan kepada warga. “Helm ini terbuat dari bahan ramah lingkungan yaitu serat kelapa sawit, dapat digunakan sebagai alat pelindung kepala bagi penderes saat memanjat pohon kelapa dan aktivitas lainnya,” ujar Mego.

Bagi warga Kecamatan Cilongok yang memiliki mata pencaharian lain diluar penderes, diberikan bantuan mesin grinder bakso untuk membantu proses penggilingan daging.

Kepala Desa Batuanten Yuliarto Heri Sulistiono menyampaikan apresiasinya pada BRIN dan DPR RI. “Bantuan teknologi tepat guna ini akan bermanfaat bagi kami terutama untuk menjaga keselamatan penderes dan meningkatkan aktivitas perekonomian warga,” pungkasnya.

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button