ENERGY PRIMER NEWS
Trending

DEN Bakal Evaluasi RUEN

DEN Bakal Evaluasi RUEN
Ilustrasi

Listrik Indonesia |  Dewan Energi Nasional (DEN) bakal mengevaluasi Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) yang ditetapkan pada 2017 lalu.

Menurut Anggota Dewan Energi Nasional Satya W. Yudha, evaluasi ini dilakukan karena banyak asumsi makro di RUEN yang meleset dari target.

 

"RUEN yang sekarang ini dibuat tahun 2017, tentu kalau sekarang banyak sekali asumsi makro di RUEN yang sudah meleset," ungkapnya.


Dia menjelaskan bahwa target pertumbuhan ekonomi dulu dipatok sebesar 7%-8%, sementara capaian saat ini jauh di bawah target tersebut. Tidak tercapainya target ini berpengaruh pada menurunnya permintaan di sektor energi.

Apalagi dampak dari pandemi membuat harga minyak dunia menjadi anjlok, di mana pada 2020 harga minyak rata-rata hanya sekitar US$ 43 per barel, meski sekarang sudah ada perbaikan di kisaran US$ 45-52 per barel.

"Akibat pandemi pada 2020 terjadi perubahan asumsi, bahkan harga minyak pernah minus. Kita ingin antisipasi perubahan-perubahan yang diperkirakan sebelumnya tidak pas," jelasnya. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button