PROFILE
Trending

Dari Teknik Elektro Sukses Pimpin PT Pos Indonesia, Hingga Raih Best CEO BUMN 2021

Dari Teknik Elektro Sukses Pimpin PT Pos Indonesia, Hingga Raih Best CEO BUMN 2021

Listrik Indonesia | Faizal Rochmad Djoemadi adalah alumnus Teknik Elektro yang sukses menjabat memimpin PT Pos Indonesia (Persero) hingga meraih Best CEO BUMN 2021.

Faizal Rochmad Djoemadi adalah lulusan Institut Teknologi Surabaya jurusan Teknik Elektro tahun 1991. Kemudian dia melanjutkan S2 jurusan Teknik Elektro di University of Saskatchewan Saskatoon, Canada, lulus pada tahun 1998. 

Karirnya cukup panjang di bidang telekomunikasi dan pembangunan jaringan. Pada 2015 Faizal menjadi EVP Wholeshale Service Division Telkom Indonesia, Komisioner di Telin Hongkong, Chairman di Telin Australia dan Chairman di Telin Singapura pada 2016, serta Presiden Direktur Telkom Indonesia International dan Direktur Digital Business Telkom.

Ini bukanlah kali pertama bagi Faizal meraih penghargaan, sebelumnya Faizal berhasil meraih 2 penghargaan sebagai The Best Chief Executive Officer (CEO) For Digital Transformation 2021 dan The Best Digital Transformation 2021 di Penghargaan Pencapaian Kinerja dan keberhasilan dalam Transformasi Digital BUMN dalam ajang Anugerah BUMN 2021 yang mengusung tema “Strategi dan Transformasi di Masa Pandemi” .

Menjadi pemenang The Best CEO tidak hanya dilihat dari sisi kemampuannya meningkatkan performa perusahaan namun juga dikaitkan dari sisi leadership menjalankan strategi untuk bertahan di masa pandemi. 

Faizal mencanangkan tujuh transformasi di Pos Indonesia yakni transformasi bisnis, transformasi produk dan chanel, transformasi proses, transformasi teknologi, transformasi human capital, transformasi budaya dan transformasi organisasi. Ketujuh program transformasi tersebut sangat diperlukan untuk mewujudkan Visi Pos Indonesia “Menjadi Postal Operator Penyedia Jasa Kurir, Logistik dan Keuangan Paling Kompetitif”.

Bagi Pos Indonesia pada 2021 akan menjadi tahun kebangkitan untuk mencapai target Rp 6,8 triliun. 

Menurut Faizal, Pos Indonesia tengah mengembangkan bisnis di dua segmen vital bagi para pemain digital, yaitu marketplace dan media sosial. Langkah ini dimulai dengan merilis platform baru layanan kurir POS Indonesia agar lebih cepat merespon fitur-fitur yang dibutuhkan pasar, membangun partnership dengan penyedia platform digital, dan memperbaiki back-end.

Di front-end, POS Indonesia telah memiliki aplikasi mobile service bernama Q POSin aja yang dapat digunakan oleh para pebisnis online untuk melakukan order pengiriman surat atau paket. 

Pelajaran yang bisa kita petik dari seorang Faizal Rochmad Djoemadi, bahwa kesuksesan bisa diraih di berbagai tempat, meski bukan basic-nya. Asal mau belajar.

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button