NEWS
Trending

Banyak Potensi yang Belum Tergali di Kaltara

Banyak Potensi yang Belum Tergali di Kaltara
Listrik Indonesia | Kalimantan Utara (Kaltara) salah satu provinsi baru di Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, banyak menghasilkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) seperti, batu bara, emas, aliran sungai-sungai yang bisa menghasilkan listrik, dan sebagainya. 

Gubernur Kaltara Irianto Lumbrie mengungkapkan, sebenarnya Provinsi Kaltara memiliki banyak potensi yang bisa dimanfaatkan dan ini merupakan salah satu nawacita Presiden Joko Widodo yang ingin membangun dari pinggiran (meningkatkan roda perekonomian masyarakat Kaltara).

Untuk itu pihaknya menggelar acara Kaltara Investment Forum (KIF) 2017, bertemakan "Membangun Dari Pinggiran: Pengembangan Kawasan Industri Padat Energi Berbasis Energi Terbarukan di Kalimantan Utara". KIF merupakan even promosi potensi wilayah jangka panjang yang merupakan kerja sama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara khususnya di sektor ketenagalistrikan, untuk menggaet investor lokal maupun asing agar bersama-sama membangun Kaltara.

"KIF 2017, merupakan keperluan jangka panjang Kaltara. Dalam arti, bukan berarti hari ini mempromosikan besok langsung investor masuk," katanya dalam sambutan KIF 2017 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (08/03).

Ia menambahkan, untuk mendatangkan investor itu bukan hal yang mudah. "Hari ini promosikan, mungkin satu atau dua tahun mendatang baru terealisasi. Maka dari itu kita tidak berhenti mempromosikan Kaltara, dengan berbagai cara," tambahnya.

"Bukan hanya Kaltara yang melakukan promosi untuk menggaet investor, semua daerah juga melakukan itu. Bahkan ada yang sudah sejak 5-10 tahun lalu," tuturnya.

Selain itu, pemerintah daerah juga perlu mempersiapkan infrastrukturnya. Mulai dari memperbaiki cara kerja aparaturnya hingga mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan para calon investor. 

"Mengapa kita sangat memerlukan investasi? Investasi itu penting, sebagai mesin pertumbuhan ekonomi daerah, yang dampaknya nanti kepada masyarakat. Terbukanya lapangan kerja, terbangunnya infrastruktur, dan efek positif lainnya," imbuhnya.

Irianto menekankan, pemanfaatan energi berbasis konservasi. Kaltara memiliki potensi SDA energi yang melimpah, khususnya keberadaan beberapa sungai besar di Kaltara bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). 

Sungai Kayan salah satunya, sungai yang membelah daratan dari Malinau hingga Kabupaten Bulungan ini memiliki kecepatan air cukup tinggi mengarah ke wilayah tengah dan hilir. "Tekanan alirannya mencapai 1 kilometer per hektare (Ha). Sehingga diyakini mampu menghasilkan sumber energi yang besar. Selain itu, kekayaan SDA lainnya yakni, batu bara, minyak dan gas," tandasnya. (GF)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button