Trending

APPI Dukung Diskon Tarif Listrik Industri, Tapi ?

APPI Dukung Diskon Tarif Listrik Industri, Tapi ?

Listrik Indonesia | Asosiasi Produsen Peralatan Listrik Indonesia (APPI) mendukung keputusan pemerintah untuk mendiskon tarif listrik industri.

Ketua Umum APPI, Boey Surjadi berpendapat, keputusan yang diambil pemerintah dan disetujui PT PLN (Persero) selaku penyedia listrik untuk mendiskon tarif listrik industri dengan tujuan agar produk lokal lebih kompetitif. Namun, baginya agar industri dalam negeri bisa lebih kompetitif tidak cukup sampai di situ.
 

Ia menyampaikan pada industri peralatan listrik misalkan. Saat ini masih terasa serbuan produk impor, padahal industri dalam negeri mampu memproduksi dengan kualitas yang sama bahkan lebih baik. Seharuhnya implementasi Tingkat Komponen Dalam Nageri (TKDN) dan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2018 tentang Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk  Dalam Negeri (P3DN) harus benar-benar dijalankan  agar produk lokal juga bisa lebih kompetitif.
 

“Diskon tarif itu kan sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah kepada pelaku industri lokal. Akan tetapi, TKDN, Standardisasi dan Sertifikasi perlu lebih diperhatikan. Selain itu untuk industri peralatan listrik, pemerintah harus memiliki fasilitas pengujuian yang memadai yang mampu menguji segala produk seperti trafo untuk tegangan tinggi,” Jelas Boey. Senin, (17/2) di Kantor APPI, Jakarta.
 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal APPI Supardji Soekowati menambahkan, dengan pemberian tarif diskon listrik industri ini, diharapkan membawa dampak positif bagi industri dalam negeri. Ia menegaskan, tarif listrik yang sudah didiskon ini tidak lebih mahal dari negara-negara tetangga.
 

“Di negara Asia Tenggara tarif listrik untuk industri harganya berbeda-beda, Indonesia tergolong lebih mahal. Tetapi jangan sampai sudah didiskon harganya tetap lebih mahal dibanding negara tetangga tersebut,” tutup Supardji. (CR)

 

 

 

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button