NEWS
Trending

Air Bersih Untuk Desa Ciaruteun Dengan PLTS dari Tim PkM STT PLN

Air Bersih Untuk Desa Ciaruteun Dengan PLTS dari Tim PkM STT PLN
Abdul Haris, Ketua Tim PkM STT PLN
Listrik Indonesia | Air bersih merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Terutama untuk minum, MCK, dan lain sebagainya. Dengan tersedianya air bersih, maka kebutuhan standar minimal masyarakat terpenuhi. 

Namun tak demikian yang terjadi di Desa Ciaruteun Ilir, Kecamatan Cibungbulang, Bogor, Jawa Barat. Desa yang kaya akan sumber daya alam dan lahan perkebunan yang luas serta dikelilingi oleh tiga sungai besar, yaitu Sungai Ciaruteun, Sungai Cianten, dan Sungai Cisadane, masih mengalami kesulitan pasokan air bersih ke rumah-rumah penduduk. 

Ironi tersebut disebabkan oleh minimnya infrastruktur, perekonomian dan pendidikan penduduk Desa Ciaruteun Ilir. Selain itu air, di sungai-sungai tersebut tak layak untuk dikonsumsi, karena kotor.

Masyarakat harus membeli air bersih, mengambil mata air yang berada di pegunungan, yang berjarak sekitar satu kilometer, dengan medan yang cukup terjal .

Namun pada akhir Juli 2018 lalu, Tim PkM STT-PLN telah melakukan pembangunan MCK, walaupun masih sederhana dan belum optimal. Bersama Yayasan Desa Mentari, Tim PkM STT-PLN mengembangkan potensi desa dan pengembangan SDM untuk meningkatkan kesejehteraan warga. 

Program kerjasama yang dilakukan pada April - Mei 2019, bertujuan menyediakan air bersih dan penyulingannya, dengan memanfaatkan mata air yang ada di sekitar desa tersebut.

Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) merupakan solusi bagi masyarakat Desa Ciaruteun Ilir. PLTS akan menjadi sumber energi yang berfungsi untuk memompa air dari sumber mata air. Tentunya, air yang telah disuling dan layak konsumsi. 

“Kontur tanah Desa Ciaruteun Ilir tidak memungkinkan untuk menyedot air dari sungai. Maka kami mencoba PLTS dengan mengambil sumber air dari sumur,” jelas Abdul Haris, Ketua Tim PkM STT PLN. (AM/Fr)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button