Trending

AESI di HLN ke-75: Perlu Ekosistem Kebijakan yang Tepat

AESI di HLN ke-75: Perlu Ekosistem Kebijakan yang Tepat
Dr. Ir. Andhika Prastawa, MSEE, IPU, Ketua Umum AESI.
Listrik Indonesia | Dalam rangkaian HLN ke-75, Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI) Dr. Ir. Andhika Prastawa, MSEE, IPU, menyampaikan harapannya, yang kami kutip sebagai berikut.

Pertama, sektor kelistrikan di Indonesia sudah saatnya ditingkatkan sejalan dengan kemajuan teknologi transformasi digital . Hal tersebut meliputi dari operasi sistem tenaga, listrik, sistem distribusi, hingga layanan pelanggan. 

Digitalisasi sistem kelistrikan berpotensi meningkatkan kehandalan, dan efisiensi penyaluran tenaga listrik, serta resiliensi sistem melalui berbagai teknologi smartgrid untuk kendali dan pantauan real time. 

Transformasi digital  melalui  adopsi IoT, Cloud computing, AI, juga memungkinkan demand side management dilaksanakan lebih mudah, mendorong beban yang efisien, dan pola prosumer. Pada akhirnya transfornasi digital, yang didukung oleh ekosisten kebijakan dan regulasi yg tepat, akan menjadikan sektor kelistrikan lebih handal, efisien, resilien, dan tentunya ekonomis.

Terakhir, bila ada perbaikan kualitas kebijakan dan regulasi serta intervensi teknologi yang tepat , kami yakin pola prosumer, maupun jenis PLTS lain akan berkembang pesat. 

Ini akan berimpak pada tumbuhnya industri energi surya yang kompetitif dan berkesinambungan, yang pada akhirnya akan berkontribusi tidak saja dalam bauran energi terbarukan, tetapi juga pada penumbuhan ekonomi dari aktivitas industrinya. (AM/Fr)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button