Waspada Bahaya Korsleting Akibat Banjir

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Jan 2, 2020

Waspada Bahaya Korsleting Akibat Banjir
Listrik Indonesia | Hujan dengan curah yang tinggi, memang patut diwaspadai. Kejadian di awal pergantian Tahun Baru 2020, membuktikan, jika tidak waspada, banjir bisa menelan korban jiwa. Bukan hanya terseret banjir, tetapi juga kesetrum. Seperti seorang warga masyarakat di kawasan Kemayoran, Jakarta yang meninggal kesetrum listrik.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, pemerintah melalui  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta PT PLN (Persero) mengantisipasi keamanan aliran listrik di beberapa wilayah yang terdampak banjir di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya.

Curah hujan dengan intensitas tinggi sejak Selasa 31 Desember 2019 malam hingga Rabu pagi dan diperkirakan masih akan berpotensi hujan lagi dalam beberapa hari ke depan, mengakibatkan sejumlah wilayah Jakarta terendam banjir.

"Kami perintahkan PLN segera melakukan antisipasi bahaya korsleting akibat arus pendek di lokasi yang terdampak banjir demi keselamatan masyarakat terhindar dari bahaya arus listrik," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi.

Agung menjelaskan, Pemerintah pun memberikan imbauan kepada masyarakat yang wilayahnya mulai tergenang air, antara lain:
1. Matikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB)
2. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak
3. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman
4. Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN Terdekat meminta untuk dipadamkan.

Sedangkan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Ikhsan Asaad menuturkan kesigapan PLN mengantisipasi keamanan listrik saat banjir dan sesudahnya. "Kami turut prihatin atas musibah ini, kami amankan listriknya sampai benar-benar siap untuk dinyalakan dari sengatan listrik," ungkap Ikhsan.

Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering. PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik.

Terkait pemadaman yang dilakukan untuk mencegah Korsleting listrik,  PLN (Persero) tidak akan memberikan kompensasi kepada masyarakat atau konsumen yang terkena pemadaman listrik akibat banjir Jabodetabek. Hal tersebut karena  merujuk Peraturan Menteri (Permen), PLN tidak bisa memberikan kompensasi kepada konsumen yang terdampak pemadaman (akibat bencana alam). Berbeda dengan kejadian pada 4 Agustus 2019 lalu akibat blackout (AB)



 

Tags : About Us


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top