Tips Kelistrikan Sebelum Membeli/Menyewa Rumah

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Jan 28, 2020

Tips Kelistrikan Sebelum Membeli/Menyewa Rumah
Listrik Indonesia, Jakarta | Listrik menjadi infrastruktur penting saat tinggal di sebuah rumah. Sebelum membeli atau menyewa rumah, masyarakat perlu mengetahui kelistrikan di rumah tersebut agar terhindar dari masalah di kemudian hari.

Ikhsan Asaad, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya mengatakan bahwa permasalahan listrik saat jual beli rumah diantaranya tunggakan tagihan bulanan dan kondisi kWh meter PLN yang tidak normal sehingga terjadi Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL).

Tips kelistrikan sebelum membeli atau menyewa rumah diantaranya:

1. Pastikan instalasi listrik di rumah tidak ada masalah dan memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO). Pemeriksaan instalasi listrik di dalam rumah dilakukan oleh Lembaga Inspeksi Teknik (LIT)

2. Pastikan kWh Meter yang terpasang segelnya masih dalam kondisi baik dan berfungsi sebagaimana mestinya

3. Cek tagihan rekening listriknya apakah sudah terbayar lunas sampai bulan terakhir sebelum akad jual beli atau sewa menyewa

4. Untuk memastikan pembayaran rekening listrik bisa melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center 123

5. Pastikan juga listrik yang mengalir ke rumah adalah listrik yang legal agar terhindar dari Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL). Pengecekan bisa dibantu oleh petugas PLN dengan mendatangi kantor PLN terdekat

"Sering dijumpai penyewa atau pembeli tidak tahu bahwa kWh meter diutak-atik. Saat petugas memeriksa baru ketahuan bahwa ada permasalahan dan penyewa atau pembeli tidak merasa melakukan itu tapi harus bertanggung jawab, makanya perlu diperiksakan dulu," kata Ikhsan.

Pemeriksaan kelistrikan dilakukan sebelum ada akad jual beli atau sewa menyewa rumah supaya jelas apabila terdapat permasalahan dan bisa diselesaikan dengan baik.

"Perlu diketahui juga bahwa tanggung jawab PLN yaitu menyalurkan tenaga listrik sampai ke kWh meter. Apabila ada permasalahan di luar tanggung jawab PLN, silakan diselesaikan dengan baik antara penjual dan pembeli," pungkas Ikhsan. (DH)

Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top