Pakai Kendaraan Listrik Hanya Butuh Rp150 per Kilometer

Author : @MLI_Fr Dibuat : Nov 5, 2019

Pakai Kendaraan Listrik Hanya Butuh Rp150 per Kilometer
Listrik Indonesia | Kehadiran kendaraan listrik sebagai transportasi masa depan memiliki kelebihan dibandingkan kendaraan konvensional. Sebab, kendaraan listrik mampu menghemat penggunaan energi di samping mengurangi ketergantungan tinggi terhadap bahan bakar berbasis fosil.

Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM, Hariyanto menyatakan, terkait dengan kendaraan listrik, perpindahan utamanya adalah bagaimana penerapan dalam rangka untuk konservasi energi sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019.

“Adanya Pepres ini agar kendaraan listrik bisa menguasai jalan raya, karena kendaraan ini ramah lingkungan,” ujarnya saat membuka Workshop dan Pameran Konservasi Energi di Gedung Chairul Saleh Kementerian ESDM, Kamis (31/10).

Lebih lanjut, Hariyanto menegaskan penggunaan kendaraan listrik akan mampu meningkatkan bauran energi yang berasal dari beberapa sumber Energi Baru Terbarukan (EBT). Berbeda dengan kendaraan konvensional yang hanya menggantungkan dari minyak bumi. Kelebihan lain terletak pada biaya. Hariyanto mengilustrasikan secara kasar perbedaan biaya pengeluaran antara kendaraan listrik dengan kendaraan konvensional.

Jika menggunakan kendaraan konvensional dengan jarak tempuh 1 km, dibutuhkan biaya sebesar Rp600 - Rp700. Sementara dengan kendaraan listrik pengeluaran biaya yang dibutuhkan hanya sekitar Rp150 - Rp 200. "Sudah kelihatan di situ adanya penghematan," tutur Hariyanto. (CR)

Tags : News
Terakhir disunting : Nov 5, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top