Mengenal Refractory Pada Pembangkit Listrik

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Feb 15, 2020

Mengenal Refractory Pada Pembangkit Listrik

Listrik Indonesia | Harbison Walker International (HWI) merupakan perusahaan yang memiliki spesialisasi di bidang refractory yaitu produsen yang memproduksi Bata Tahan Api (Fire Brick), Semen Tahan Api (Fire Mortar), Semen Cor Tahan Api (Castable Refractory) untuk digunakan membuat maupun memperbaiki tungku pembakaran (Furnaces).

Adrian Boltong, President Director HWI  menjelaskan, biasanya pada tungku pembakaran kerap terjadi korosi dan abrasi diakibatkan tekanan panas dari proses pembakaran. Maka, tidak sembarangan semen atau bata dipasang pada sistem tersebut. Di negara maju seperti Amerika dan Eropa refractory bukanlah hal yang baru, Adrian melihat kebutuhan pasar di Indonesia dan negara berkembang di kawasan Asia refraktory sangat dibutuhkan karena seiring dengan maraknya pembangunan industri.

 

“Hadir di Indonesia sejak 1996 dan pabrik Indonesia untuk suplai kebutuhan refractory di Kawasan Asia Pasifik. Kita sudah suplai untuk sistem pembakitan mulai dari program 10.000 megawatt hingga 35.000 megawatt, tentu pasar ini akan terus tumbuh,” ucapnya beberapa waktu lalu.
 

Berbagai jenis refraktory dibuat di kawasan industri Krakatau Steel, Cilegon, Banten dengan sistem pabrik modern dengan dua jalur produksi terintegrasi dengan komputer (CIM) yang memanfaatkan, perangkat lunak Teknologi "Wonder Ware" dan GUI (Graphical User Interface) Modicon Digital PLC menghubungkan sistem VFD untuk precision weigth batching control. Pabrik seluas 22.000 m2 ini mampu memproduksi kapasitas tahunan lebih dari 10.000 metrik ton.
 

 “Sistem Komputerisasi pencampuran dan pengemasan ini memberikan kecepatan dengan akurasi yang konsisten dan juga menghilangkan potensi kesalahan manusia,” pungkasnya. (CR)

 


Tags : News


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top