Jembo Energindo Lirik Bisnis Panel Surya Untuk Hunian

Listrik Indonesia | Diperkirakan tren penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS Atap akan semakin meningkat, terlebih panel surya buatan lokal mulai diterima pasar. Inilah alasan Jembo Energindo produsen penal surya lokal mulai merambah bisnis PLTS Atap untuk hunian.

Bagi Edwin Tanudjaja selaku Direktur PT Jembo Energindo, masyarakat sangat penting peranannya untuk ikut serta menciptakan energi yang ramah lingkungan dan efisien yaitu dengan menggunakan PLTS Atap. “Keuntungan menggunakan PLTS Atap ini sangat banyak, apalagi untuk masa yang akan datang,” ucap Edwin.

Sebelum memulai ekspansinya menyuplai panel surya ke sektor hunian, PT Jembo Energindo telah menangani berbagai proyek dari pemerintah maupun swasta seperti lampu jalan tenaga  surya, pemasangan panel surya di gedung sekolah dan gedung perkantoran. Dari pengalaman dan keahliannya pemasangan PLTS Atap Jembo Energindo mencoba peruntungannya di sector lain.
“Kami bermitra dengan kontraktor untuk menyediakan panel surya untuk beberapa proyek pemerintah,” terangnya.

Sejak 2013 lalu, Jembo Energindo memulai produksi panel suryanya dengan merek dagang JPV dengan tiga jenis Panel Surya dan enam tipe. Edwin pun menjelaskan bagaimana perusahaannya melirik pasar hunian untuk memasarkan produknya tersebut. Beberapa fasilitas tambahan seperti mesin produksi untuk meningkatkan jumlah produk panel surya. 
Dalam setahun Jembo Energindo bisa memproduksi hingga 80 megawatt. “Kami baru saja membeli mesin produksi baru karena saya lihat potensi penggunaan panel surya akan semakin banyak,” katanya.

Keseriusan Jembo Energindo membuka pasar panel surya hunian dilihat oleh holding company yaitu PT Jembo Cable Company Tbk yang menggelontorkan penyertaan modal sebesar Rp 47 miliar kepada PT Jembo Energindo. Dengan harapan bisa menjadi market leader panel surya di Indonesia maupun global. 
Sejauh ini Jembo Energindo telah melakukan kerja sama dengan developer salah satu perumahan di Cibubur. Edwin mengklaim panel surya pabrikannya unggul dalam situasi cuaca apapun. Hal ini karena menggunakan Monoperc Cell yang bisa stabil hingga lima jam dalam kondisi mendung dan hujan. 
Tidak hanya itu, para pengguna PLTS Atap dapat memonitoring sendiri melalui smartphone. Dan pihaknya juga melakukan pengecekan pemakaian, apabila ada kendala petugasnya langsung memperbaikinya.  (CR)


 

0 Komentar

Berikan komentar anda