Energi Baru Terbarukan, Solusi Energi Masa Depan

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Nov 29, 2019

Energi Baru Terbarukan, Solusi Energi Masa Depan
Sri Andini Menyerahkan Buku Energi Baru dan Terbarukan kepada Dirjen Ketenagalistrikan Rida Mulyana. (Foto: R Akmal/Listrik Indonesia)
Listrik Indonesia | Usia bumi yang tak lagi muda dan semakin renta. Di saat yang sama, perubahan iklim, polusi dan efek rumah kaca mengancam populasi makhluk bumi. Berangkat dari situ, sektor energi berkontribusi terhadap kerentanan itu. Di tengah arus perkembangan teknologi, inovasi dan pengembangan energi baru terbarukan adalah sebuah keniscayaan sekaligus harapan. Transformasi energi menuju energi terbarukan adalah solusi yang harus diperjuangkan bersama.

Sebuah karya tulis dari penerbit Listrik Indonesia melalui tinta penulisnya Andrew Cahyo Adhi dan Heru Sriwododo Sari adalah orang-orang yang aktif dan berperan dalam mengembangkan energi baru terbarukan. Buku yang ditulis berjudul ‘Energi Baru dan Terbarukan Solusi Energi Masa Depan’ ini sangat penting untuk dimiliki dan dibaca. Mengapa demikian?

Buku yang mengulas tentang transformasi energi fosil menuju energi baru terbarukan (EBT) secara mendetail. Tentu tujuan diterbitkannya buku ini, supaya memperkaya pengetahuan dan pemahaman masyarakat Indonesia khususnya tentang pemanfaatan energi baru terbarukan. Pengetahuan yang diberikan lebih dari sekadar teoritis, namun juga best practice dan fakta riil yang terjadi di lapangan. 

Lebih dari itu bagi calon pengembang proyek EBT, akan mengetahui lebih banyak tahapan yang perlu dilakukan dalam merencanakan dan mengevaluasi kelayakan pembangkit listrik. Bisnis EBT juga dapat membantu menggerakan perekonomian dengan adanya peluang baru dalam menghasilkan listrik, baik untuk skala besar maupun dalam peralatan yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Di samping itu, buku ini bisa menjadi referensi dan acuan bagi regulator (Pemerintah) dalam membuat kebijakan-kebijakan terkait ketenagalistrikan lebih khusus sektor energi baru terbarukan. Oleh karena itu, disela-sela audiensi Dewan Juri IBEA/Indonesia Best Electricity Award 2020. Dewan Pembina Listrik Indonesia Sri Andini, SH menyerahkan buku ini kepada Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Rida Mulyana.

Berharap dengan penyerahan buku ini regulator dapat lebih mengembangkan EBT dan memacu investasi EBT. Sehingga suplai energi di Indonesia dapat berlangsung kontinu sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan dan pertumbuhan ekonomi. (CR)

Terakhir disunting : Nov 29, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top