Arifin Tasrif : Energi Harus Topang Industri

Author : listrikinfo@gmail.com Dibuat : Nov 14, 2019

Arifin Tasrif : Energi Harus Topang Industri
Listrik Indonesia | Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengimbau agar energi  sebagai salah satu komponen vital dalam proses produksi, dapat mendukung pertumbuhan industri di daerah.   
 
"Kita harus mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya di sektor energi. Caranya bagaimana energi ini bisa menumbuhkembangkan baik industri besar maupun kecil di daerah-daerah," tegas Menteri ESDM.
 
Menurut Arifin, sebagai infrastruktur vital, pembangunan sektor energi harus dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Hal itu terutama terkait dengan penyerapan tenaga kerja dalam kegiatan pembangunan ekonomi di daerah-daerah di Tanah Air, Apalagi, dari data yang dimilikinya, diperkirakan setiap tahun ada tambahan kebutuhan listrik hingga mencapai 5 ribu Mega Watt (MW).
 
Serapan listrik untuk sektor industri hingga kuartal III tahun 2019 berdasarkan data Perusahaan Listrik Negara (PLN) mencapai 56,9 Tera Watt Hour (TWh). Industri menjadi segmen kedua yang paling banyak menyerap listrik PLN setelah rumah tangga.
 
Dari sisi investasi, data dari Kementerian ESDM menyebutkan, investasi sektor energi, sampai triwulan III 2019 sebesar USD 19,8 miliar atau sekitar Rp. 277 triliun. Kontribusi terbesar berasal dari subsektor migas senilai USD 8,1 miliar, disusul subsektor ketenagalistrikan sebesar USD 7,4 miliar. (AB)

 

Terakhir disunting : Nov 14, 2019


0 Komentar

Berikan komentar anda

Top